Search
Rabu 25 April 2018
  • :
  • :

Berpotensi Kanker Payudara, Tubuh Berikan 5 Tanda Ini

Starberita – Jakarta, Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum. Penyakit ini telah merenggut sekitar 40 ribu nyawa wanita setiap tahun. Diperkirakan, di AS lebih dari 246 ribu wanita didiagnosis menderita kanker payudara pada akhir 2017 kemarin.

Jika Anda menderita kanker payudara, hal terbaik adalah mengetahuinya pada tahap awal, sehingga kemungkinan hidupnya lebih tinggi. Tanda-tanda peringatan kanker payudara tidak sama antara wanita yang satu dengan yang lainnya.

Tanda-tanda yang paling umum adalah perubahan pada payudara dan puting, serta keluarnya cairan pada puting. Meskipun tanda-tanda yang paling umum muncul di payudara, kadang tubuh memberi sinyal dengan cara yang berbeda. Seperti lima tanda berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan payudara sama sekali.

Tahi lalat

Penelitian membuktikan, wanita yang memiliki tahi lalat berpeluang 13 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibanding mereka yang tidak mempunyai tahi lalat. Dalam studi tersebut, mereka meneliti 89.000 wanita selama 18 tahun dan sekitar 6000 dari mereka didiagnosis menderita kanker payudara. 6000 wanita tersebut diketahui memiliki lebih banyak tahi lalat dibandingkan 83.000 wanita lainnya yang bebas kanker.

Perubahan pada usus atau kandung kemih

Kanker payudara dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mengeringkan uretra dan menyebabkan inkontinensia, yaitu hilangnya kontrol kandung kemih. Gejala-gejalanya termasuk buang air kecil lebih lama dari biasanya, kencing saat batuk atau tertawa, mendadak ingin buang air kecil saat berolahraga atau bersin.

Kelelahan

Meskipun kelelahan bisa menjadi gejala beberapa penyakit, kemungkinan besar penderita kanker payudara akan mengalaminya lebih dari yang lain. Hal ini dikarenakan, kanker menciptakan ketidakseimbangan kimia dalam tubuh, menyebabkan orang merasa lelah, bahkan ketika mereka sudah tertidur lelap. Tanda-tanda lain termasuk, tingkat stres yang tinggi, depresi, gangguan tidur, dan rasa sakit.

Batuk atau suara serak

Dalam banyak kasus, kanker menyebar dari satu area ke area lain dan menyebabkan tumor lain berkembang. 60-70 persen kasus pada pasien kanker payudara menyebar ke paru-paru mereka. Batuk kering, sesak napas, dan suara serak, menunjukkan bahwa kanker sekunder mungkin telah muncul.

Nyeri punggung

Nyeri punggung dapat disebabkan oleh banyak hal, tetapi ini juga bisa menjadi tanda kanker payudara. Jadi, jika Anda mengalami tekanan pada tulang rusuk, tulang belakang, atau nyeri di punggung bagian atas, Anda harus berkonsultasi ke dokter. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan