Search
Sabtu 6 Juni 2020
  • :
  • :

Lagi, Tim Saber Pungli Amankan 5 ASN DPMPTSP

Starberita – Medan, Setelah melakukan OTT di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumut pada September 2017 lalu, Tim Saber Pungli Polda Sumut kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Dimana dalam aksinya tersebut, Tim Saber Pungli Poldasu mengamankan 5 orang ASN dari DPMPTSP Kota Padangsidimpuan pada Selasa (10/4/2018) sore. Adapun kelima oknum ASN DPMPTSP Kota Padangsidimpuan yang diamankan tersebut antara lain, Plt.Kabid Perijinan, Armen Parlindungan Harahap yang diduga kuat sebagai tersangka.

Sementara 4 orang lainnya, yakni Kasi Regulasi, Suhemi Rangkuti, Kasi Penanaman Modal, Johannes Gultom, Kasi Perijinan, Dian Afriani, dan Staf DPMPTSP, M. Zein Lubis juga turut diamankan Tim Saber Pungli Poldasu sebagai saksi.

Kabid Humas Kombes Rina Sari Ginting mengungkapkan, OTT yang dilakukan Tim Saber Pungli di bawah pimpinan Kasubdit III/Tipikor Ditreskrimsus Poldasu AKBP Doni Satria Sembiring.

“OTT ini diawali dengan penangkapan terhadap saksi pemberi yakni Berlian Lubis selaku Direktris CV Tapian Nauli,” terang Rina, Rabu (11/4/2018).

Lebih jauh Rina mengatakan, setelah dilakukan pengembangan maka diketahuilah tersangka penerima uang yang berinisial APH. Dimana saat petugas melakukan penggeledahan, jelasnya, petugas pun menemukan uang tunai sebesar Rp.15 juta di laci tersangka.

“Uang tersebut diduga sebagai uang hasil pemerasan yang di lakukan APH kepada saksi dalam hal pengurusan ijin pendirian usaha CV Tapian Nauli,” jelasnya.

Dalam hal ini, sambung Rina, dokumen perijinan sudah diserahkan saksi pemberi (Berlian Lubis) kepada pelaku. Akan tetapi, pelaku meminta sejumlah uang kepada saksi.

“Awalnya saksi pemberi ini diminta Rp.53juta, namun penyerahan uangnya di cicil. Rp.15juta di serahkan pada Selasa 10 April 2018. Kemudian sisanya Rp.38juta, akan diserahkan minggu depan apabila proses perijinannya sudah selesai,” sebut Rina menceritakan pengakuan saksi pemberi.

Selain mengamankan uang tunai sebagai barang bukti, Tim Saber Pungli juga mengamankan barang bukti lainnya, yakni dokumen berkaitan dengan perijinan, 2 unit ponsel, dan 1 lembar kwitansi penyerahan uang. Selain itu, petugas juga melakukan Police Line terhadap ruang kerja yang diduga tersangka dan ruang Kepala Dinas Perijinan Kota Padangsidempuan.

“Guna melanjutkan pemeriksaan, kelima orang yang diamankan tersebut saat ini sudah berada di Polres Kota Padangsidempuan untuk selanjutnya dibawa ke Makopoldasu untuk diperiksa,” pungkas Rina. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: