Search
Minggu 9 Agustus 2020
  • :
  • :

Ini Segudang Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan

Starberita – Jakarta, Daun salam selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bumbu Salam sejak dahulu sudah digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dan menyembuhkan penyakit.

Sebagian masyarakat di Indonesia, meyakini bahwa air rebusan daun salam dapat digunakan untuk mengurangi gejala flu, batuk dan pilek.

Pakar Gizi klinis, Dr. Dian Permatasari, SpGK, M.Gizi, mengungkapkan beragam kehebatan daun salam bagi kesehatan tubuh.

Daun salam bisa mengurangi kelelahan 

Dr. Dian mengatakan, daun salam bermanfaat untuk aroma terapi. Baunya bisa mengurangi kelelahan, dan bisa membuat tubuh lebih relaks.

“Air rebusan daun salam bisa menenangkan sistem syaraf,” ujarnya.

Bisa mengurangi gejala flu

“Daun salam bisa mengurangi gejala flu, batuk, pilek. pengobatan bisa dengan daun salam dengan direbus. Air rebusannya diminum,” ujarnya.

Ia lalu mengungkapkan cara membuat air rebusan daun salam. Diutarakannya, sebanyak tiga sampai empat daun salam dimasukkan dalam satu gelas air mendidih. Setelah itu air rebusannya bisa diminum satu sampai dua kali sehari untuk membantu penyembuhan.

Mengatasi gangguan pencernaan

Daun salam juga memiliki khasiat mengatasi pencernaan, seperti kembung dan gangguan pencernaan. Caranya, selain direbus, daun salam juga bisa dikeringkan kemudian ditumbuk menjadi bubuk.

“Bubuknya dimasukkan dalam kapsul. Kapsulnya bisa dimasukkan ke dalam air menjadi teh,” ucapnya.

Memiliki sifat analgenik

Daun salam memiliki sifat analgetik atau penghilang nyeri. Dian mengatakan bubuk daun salam bisa dioleskan ke bagian kulit yang luka, kemudian dibalut untuk mengurangi nyeri.

Memperbanyak pengeluaran urine

Daun salam bisa memperbanyak pengeluaran urine atau air kencing. Namun, bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati tidak boleh meminum air daun salam.

Menurunkan asam urat

Daun salam mampu menurunkan asam urat dengan meminum air rebusan daun salam.

Menurunkan kadar gula darah

Daun salam dapat menurunkan kadar gula darah. “Dengan 2-3 gram bubuk daun salam bisa menurunkan 20-40 persen kadar gula,” katanya.

Mampu menghambat pertumbuhan sel kanker 

Daun salam menurut penelitian mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan menghentikan sel kanker. Bentuk ekstraknya dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker usur besar.

“Pada kanker payudara dalam bentuk essential oil. Khasiat ini hanya membantu proses penyembuhan,” katanya.

Masih banyak khasiat lainnya

Selain itu daun salam berguna mengurangi gejala diare dengan meminum air rebusannya. Serta menghilangkan plak gigi, dan membantu mengurangi mikroba bakteri. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: