Search
Selasa 19 Juni 2018
  • :
  • :

Sariawan Tak Kunjung Sembuh, Waspada Herpes

Starberita – Jakarta, Sariawan adalah penyakit yang menyerang rongga mulut dan lebih sering muncul akibat kekurangan vitamin C. Meski terkesan sepele, namun sebaiknya pada Anda tak meremehkan gejala sariawan, karena pada beberapa kondisi sariawan bisa mengindikasikan gejala penyakit serius.

Salah satu penyakit serius yang gejalanya mirip sariawan adalah kanker dan herpes. Maka, masyarakat harus mampu mengenali perbedaanya secara jeli.

Dokter gigi, Rahmi Amtha MDS, Sp.PM, PhD, mengungkapkan ciri sariawan. “Sariawan ini merupakan penyakit yang menyerang jaringan mulut yang bisa sembuh dengan sendirinya. Cirinya berbentuk bulat dan ada cekungan, pinggirannya warna merah dan terasa sakit. Untuk yang tipe kecil, biasanya ditandai dengan bulatan putih berukuran kurang dari 10 milimeter dan sembuh dalam waktu dua minggu,” ujarnya.

Sementara itu, sariawan tipe besar biasanya berukuran lebih dari 10 milimeter dan sembuh dalam kurun empat minggu. Untuk sariawan kecil-kecil atau berbintik yang kemudian menyatu jadi satu bulatan besar, biasanya dikenal sebagai jenis sariawan mirip herpes.

“Mirip seperti herpes, jadi ukurannya kecil-kecil dan sembuh dalam waktu dua minggu. Tetapi, kalau ada demam, waspada itu bisa berarti memang herpes,” ujarnya..

Adapun sariawan yang normal, jika sudah diberikan pengobatan, biasanya akan sembuh lebih cepat. Namun, jika sudah melebihi batas waktu hingga satu bulan lamanya dan sariawan tak kunjung sembuh, waspada itu adalah tanda kanker.

“Harusnya setelah diberikan obat kumur, sariawan sudah membaik dan paling lama itu empat minggu. Kalau lebih dari batas waktu itu dan sariawannya tidak kunjung membaik padahal sudah diberikan obat, itu bisa menjadi tanda kanker mulut,” kata dia. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: