Search
Selasa 11 Desember 2018
  • :
  • :

Pria Lebih Sering Nonton TV Beresiko Terkena Kanker Usus Besar

Starberita – Jakarta, Tahukah Anda ternyata pria yang sering menonton televisi dapat berisiko terkena kanker kolorektal? Kanker Kolorektal merupakan kanker yang berkembang dari sel-sel usus besar yang terdiri dari kolon dan rektum, terletak di dalam rongga panggul ditengah tulang pinggul.

Para peneliti menemukan bahwa pria yang menonton TV selama lebih dari 4 jam per hari memungkinkan terkena kanker kolorektal setelah lebih dari 6 tahun bila dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan sedikit waktu di depan TV.

Hal ini dikarenakan saat menonton TV para pria hanya duduk dan perilaku yang tidak berpindah-pindah yang menyebabkan terjadinya penuggumpalan darah. Menurut dr Murphy, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa menonton TV dapat dikaitkan dengan perilaku lain, seperti merokok, minum dan ngemil lebih banyak. Sementara kita tahu bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko kanker usus.

“Selain itu juga dikaitkan dengan penambahan berat badan dan lemak tubuh yang lebih besar di dalam tubuh,” jelas dr Murphy.

 

Kelebihan lemak tubuh dapat memengaruhi kadar hormon dan bahan kimia lainnya sehingga memengaruhi cara pertumbuhan sel dan dapat meningkatkan risiko kanker usus.

Menariknya, penggunaan komputer tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal pada pria. Prof Linda Bauld, yang merupakan pakar pencegahan kanker di Cancer Research UK, mengemukakan bahwa ini mungkin terkait dengan konten yang dihadapi pria saat menonton TV.

“Ada bukti bahwa keterpaparan yang lebih besar terhadap iklan junk food TV meningkatkan kemungkinan makan lebih banyak, yang juga akan meningkatkan peluang Anda untuk kelebihan berat badan,” ujar Prof Linda.

Pada catatan yang lebih positif, para peneliti juga menemukan bahwa pria yang terlibat dalam aktivitas fisik tingkat tinggi berisiko 23 persen lebih rendah terkena kanker usus besar, dibandingkan dengan pria yang memiliki tingkat aktivitas fisik rendah.

Cukup sederhana, ini menunjukkan bahwa sekarang pria secara serius harus mempertimbangkan untuk bertukar waktu di depan TV dengan waktu di gym.

Agar terhindar dari kanker kolorektal, Anda harus selalu menjaga berat badan, mengurangi alkohol, menjadi aktif secara fisik, dan mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran atau dengan kata lain lakukanlah gaya hidup sehat. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: