Search
Selasa 19 Juni 2018
  • :
  • :

Kenapa Alergi Bikin Hidung Mimisan?

Starberita – Jakarta, Hidung mimisan sering terjadi ketika Anda berada di lingkungan yang beriklim panas dan kering, meski juga bisa disebabkan oleh luka fisik di hidung (misalnya karena tercolok ketika mengupil) atau karena infeksi tertentu.

Akan tetapi, beberapa orang yang memiliki alergi rhinitis juga sering bereaksi mimisan ketika terpapar dengan pemicunya — bisa serbuk sari bunga, debu, bulu binatang, air liur kucing, tungau, atau jamur. Kok bisa, ya? Bukannya reaksi alergi yang umum itu hidung meler, mata merah, bersin-bersin, dan badan gatal-gatal? Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa alergi bikin hidung mimisan?

Hidung adalah bagian tubuh yang memiliki banyak pembuluh darah kecil atau arteriol yang mudah pecah. Saat pembuluh darah yang ada di bagian depan rongga hidung pecah, maka hidung bisa berdarah.

Alergi itu sendiri bukanlah penyebab mimisan, tapi seberapa parah reaksi alergi yang Anda alami secara tidak langsung bisa memicu hidung mimisan. Jika hidung terus terasa gatal dan ingus terus meler, disertai bersin yang tidak kunjung berhenti, kondisi ini cenderung membuat Anda terus menggosok hidung. Gesekan dan tekanan yang diterima hidung secara terus-menerus dapat membuah pembuluh darah kecil di hidung pecah dan akhirnya berdarah.

Selain itu, obat alergi yang disemprotkan langsung ke hidung juga dapat menyebabkan hidung mimisan karena efek sampingnya membuat saluran hidung mengering. Dinding dalam hidung akan berkerak dan retak sehingga mudah untuk terluka dan berdarah.

Tidak hanya alergi rhinitis, alergi susu dan intoleransi laktosa ternyata juga bisa menyebabkan hidung mimisan. Banyak penelitian tentang alergi susu dan intoleransi laktosa dikaitkan dengan serangkaian reaksi fisik, termasuk salah satunya mimisan.

Mengatasi hidung mimisan karena alergi

Mimisan karena alergi bisa dicegah dengan menjauhi pemicunya. Saat alergi kambuh, usahakan untuk tidak menggosok hidung terlalu sering. Mengobati alergi secepat mungkin juga akan menghindari Anda dari risiko mimisan.

Jika hidung sudah terlanjur mimisan, pencet cuping hidung Anda dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk selama 10 menit untuk menghentikan aliran darah. Jangan mendongak atau berbaring. Cara yang benar adalah pastikan Anda tetap berdiri tegak, kemudian condongkan tubuh Anda sedikit ke depan. Hal ini berguna untuk mencegah darah kembali masuk ke hidung dan menyumbat saluran napas yang bisa bikin tersedak.

Anda juga dapat meletakkan kompres dingin pada hidung Anda agar darah lebih cepat berhenti. Namun, jangan langsung menempelkan es batu ke hidung. Bungkus es batu dengan kain lembut atau handuk, baru tempelkan ke hidung untuk menghentikan mimisan.

Mimisan lebih dari 10 menit perlu dibawa ke dokter

Segera ke dokter apabila mimisan terjadi lebih dari sepuluh menit bahkan setelah Anda melakukan berbagai macam cara untuk menghentikan perdarahannya. Selain itu, apabila Anda kesulitan untuk bernapas, kehilangan banyak darah akibat mimisan, menelan banyak darah hingga muntah, sebaiknya Anda juga berobat ke dokter untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.

Bila hidung mimisan sering terjadi tanpa didahului paparan alergi, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: