Search
Rabu 26 September 2018
  • :
  • :

Jangan Sepelekan Sariawan, Bisa Jadi Tanda Anemia

Starberita – Jakarta, Sariawan merupakan luka yang muncul pada mukosa rongga mulut. Meski penyebab pastinya belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang memicu munculnya sariawan.

Dokter gigi spesialis penyakit mulut, Dr. drg. Febrina Rahmayanti, SpPM, mengatakan kurang konsumsi buah bisa menjadi salah satu pemicu sariawan. Dalam sayur dan buah ada serat, kandungan zat besi dan mineral yang juga bermanfaat untuk menjaga integritas epitel agar tidak rentan sariawan.

“Memang kurangnya komponen karbohidrat, protein, dan lemak yang tidak cukup, tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh untuk tetap sehat,” kata Febrina.

Misalnya, jika tubuh mengalami masalah pencernaan, buang air besar yang tidak teratur, lanjur Febrina, juga bisa terkait dengan sariawan. Karena, masalah ini bisa bermanifestasi hingga memengaruhi rongga mulut.

Selain itu, sariawan juga bisa menandakan anemia. Anemia menunjukkan adanya kurang darah atau kadar hemoglobin (Hb) yang turun.

“Hb ini penting untuk ketahanan jaringan. Hb ini kan berfungsi untuk membawa oksigen dalam darah,” imbuh Febrina.

Pola makan, kelelahan, dan stres juga bisa memicu sariawan. Pada perempuan, masalah hormonal juga bisa memicu sariawan, misalnya ketika memasuki masa menstruasi, beberapa wanita juga bisa mengalami sariawan. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: