Search
Rabu 26 September 2018
  • :
  • :

Guys, Yuk Kenali 8 Penyebab Sariawan

Starberita – Jakarta, Sariawan umumnya berbentuk lingkaran yang biasanya menyerang bagian mulut. Terkadang, sariwan muncul di dekat pipi, atau di bagian lidah, bahkan gusi. Penyakit ini sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Makan, minum, dan berbicara menjadi terasa menyakitkan, terutama ketika sariawan mulai membesar

Sariawan kecil akan hilang dalam kurun waktu 5-10 hari, sedangkan yang besar butuh waktu satu bulan untuk sembuh. Apa saja yang dapat memicu sariawan tersebut? Berikut, delapan pemicu timbulnya sariawan.

Ketidakseimbangan hormon

Sariawan dapat terjadi, karena ketidakseimbangan hormon. Biasanya, perempuan lebih sering mengalami sariawan sebelum dan saat menstruasi.

Stres

Selain hormon, ketika sedang cemas, atau stres sariawan kerap kali muncul. Bahkan, kekesalan dapat memicu timbulnya sariawan.

Infeksi herpes simplex

Herpes simplex adalah virus yang bisa ditularkan secara langsung dari satu orang ke orang lain. Biasanya, virus ini menyebar melalui peralatan makan, menggunakan lipstik orang yang sedang menderita penyakit ini dan berciuman.

Alergi makanan

Jika seseorang alergi terhadap suatu makanan, biasanya mereka rentan mengidap sariawan. Bagi sebagin orang, mengonsumsi banyak makanan pedas dapat menyebabkan sariawan.

Anemia

Anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Penyakit ini dapat memicu luka dan sariawan di mulut dan menyebabkan kekeringan di sekitar mulut dan tenggorokan.

Kesehatan gigi

Beberapa sariawan yang berada di sekitar gusi, disebabkan oleh area gigi yang tidak terawat. Sariawan di sekitar gusi merupakan yang paling perih di antara jenis sariawan lain.

Kekurangan nutrisi

Nutrisi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan nutriai vitamin B12, vitamin C, dan zat besi akan memicu timbulnya sariawan.

Gangguan usus

Kehadiran sariawan juga bisa menjadi pertanda bahwa usus Anda sedang terganggu. Jika sariawan tidak sembuh dalam waktu dua minggu, sebaiknya periksakan ke dokter. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: