Search
Rabu 26 September 2018
  • :
  • :

Bupati Sergai: UMKM, Aspek Penting Pembangunan Ekonomi

Starberita – Pantai Cermin, Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, Selasa (13/3/2018), mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan aspek penting dalam pembangunan ekonomi.

“Karena sektor UMKM memiliki fungsi yang sangat vital untuk menciptakan pertumbuhan dan lapangan pekerjaan lebih cepat dibandingkan sektor yang lainnya. UMKM juga sangat fleksibel sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dengan pasang surut dan arah permintaan pasar,” katanya kala menghadiri acara Fasilitasi Sarana Prasarana Promosi Usaha Mikro bertempat di Kecamatan Pantai Cermin.

Dia menambahkan, UMKM juga cukup terdiversifikasi dan memberikan kontribusi penting dalam ekspor dan perdagangan. “Di Indonesia sendiri, sumber kehidupan banyak bergantung pada sektor UMKM dikarenakan usaha kecil ini banyak terkonsentrasi pada sektor perdagangan, pangan, olahan pangan, tekstil dan garmen, kayu, produk kayu serta produksi mineral non-logam.”

“Kebijakan telah ditetapkan agar tercipta situasi ekonomi yang kondusif baik dalam kebijakan infrastruktur, keuangan dan investasi, salah satunya adalah bantuan dan kerjasama oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara dengan Pemkab Sergai berupa pembangunan Balai Latihan Produksi dan hibah peralatan aneka mesin pembuatan handycraft, mesin penghalus garam dan lain-lain yang bertujuan untuk mengembangkan objek pariwisata di Sergai yang dikenal memiliki potensi pariwisata yang besar khususnya wisata pantai,” pungkasnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: