Search
Rabu 26 September 2018
  • :
  • :

Sayang Dilewatkan, Ini 6 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

Starberita – Jakarta, Jamur tiram goreng sering menjadi jajanan pengganjal lapar di sore hari, meski banyak juga yang mengolahnya menjadi lauk teman makan nasi. Selain karena cara mengolahnya yang mudah dan rasanya yang enak, ternyata ada banyak manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Berbagai manfaat jamur tiram yang sayang untuk dilewatkan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jamur tiram berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan aktif dalam jamur tiram dapat merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif. Makrofag adalah salah satu bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya yang merugikan kesehatan tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology menemukan bahwa jamur tiram dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol total dalam darah. Temuan ini juga didukung oleh penelitian lain yang menemukan bahwa konsumsi jamur tiram rutin selama 24 hari dapat menurunkan kolesterol dari penderita diabetes tanpa memberikan efek samping pada hati dan ginjal.

Manfaat jamur tiram ini datang dari kandungan lovastatin yang membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol darah. Selain itu, kandungan beta-glucan, yakni salah satu bentuk serat larut air yang ditemukan tinggi pada jamur juga bisa memengaruhi kadar kolesterol. Beta-glucan berfungsi menyerap kolesterol di aliran darah.

Selain kolesterol darah, dalam penelitian tersebut juga menunjukan bahwa jamur tiram dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada penderita diabetes.

3. Membantu mencegah kanker

Sebuah penelitian terbitan International Journal of Oncology tahun 2008 menunjukan bahwa suplemen ekstrak jamur tiram dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar. Suplemen yang sama juga dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Kandungan betaglukan dan glikoprotein yang ada dalam jamur tiram dapat meningkatkan respons antikanker tubuh secara alami. Komposisi jamur tiram ini akan memberi peringatan dini pada Natural Killer (NK) cell, yakni sel pembunuh alami yang mampu membunuh sel kanker untuk lebih waspada dengan adanya pertumbuhan sel kanker, dan sel T yang membantu melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

4. Sumber vitamin B3

Jamur tiram adalah sumber vitamin B3 (niacin) yang baik bagi tubuh dan mudah ditemukan. Vitamin B3 berperan penting untuk membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan Anda agar bisa digunakan sebagai energi. Selain itu, niacin juga berfungsi menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

5. Sumber antioksidan

Manfaat jamur tiram lainnya dalah sebagai sumber antioksidan. Jamur tiram adalah salah satu jamur yang mengandung tinggi ergothioneine, yakni zat antioksidan yang membantu mencegah terjadinya peradangan. Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Medicinal Food tahun 2010 menyatakan bahwa ergothioneine bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan aterosklerosis. Selain itu, antioksidan juga berfungsi menahan penyebaran sel kanker.

6. Sumber tembaga untuk tubuh

Jamur tiram juga merupakan sumber mineral tembaga yang baik untuk tubuh. Tembaga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dengan meningkatkan pertumbuhan sel darah merah, dan juga membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan optimal. Tembaga juga memiliki fungsi untuk memperkuat jaringan ikat dengan membantu meningkatkan produksi kolagen. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: