Search
Rabu 26 September 2018
  • :
  • :

FITRA Sumut Gelar Dialog Multipihak dengan Pemko Medan

Starberita – Medan, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumut, menggelar dialog multipihak dengan Pemko Medan di Hotel Polonia Medan, Senin (12/3/2018).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Mendorong partisipasi warga melalui pengaduan berbasis bukti untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik’ tersebut merupakan kerjasama antara FITRA Sumut dengan USAID beserta YAPPIKA.

Divisi Advokasi FITRA Sumut, Quadi Azam menyebutkan peserta pada kegiatan ini yaitu Sekda Kota Medan beserta beberapa Kepala Dinas dan Camat di Kota Medan mewakili pemerintah, dan yang mewakili masyarakat yaitu Masyarakat Peduli Pelayan Publik (MP3).

“Tujuan kegiatan ini, adalah untuk mendiskusikan persoalan terkait pelayan publik yang dialami oleh masyarakat berbasis evidence, dalam rangka untuk mendapatkan solusi dan rekomendasi yang perlu dilakukan pemerintah,” sebut Quadi.

Seemntara itu, Lamhot Simamora selaku Admin Lapor dan Medan Rumah Kita (MRK) di Diskominfo Medan mengatakan, bahwa aplikasi Lapor sebagai layanan pengaduan publik secara online akan mulai disosialisasikan kepada masyarakat kota Medan pada bulan April 2018 mendatang.

Hal tersebut dikarenakan waktu sosialisasi ke masyarakat itu adalah lanjutan sosialisasi yang dilakukan setelah sosialisasi yang saat ini tengah dilakukan kepada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), yakni mulai Januari hingga Maret 2018.

“Sosialisai untuk OPD mulai dari Januari kemarin hingga Maret. Kemudian di tanggal 27 Maret nanti langsung dari Kemenpan RB untuk mengisi bimtek OPD. Kalau untuk masyarakatnya, sosialisasi akan kita mulai dari April hingga Juni,” tutur Lamhot.

Lamhot pun mengatakan, sejauh ini sosialisasi juga sudah dilakukan melalui website Kota Medan. Disampaikannya, untuk aplikasi Laporan aduan, Medan merupakan kota pertama yang telah terintegrasi langsung dengan aplikasi Nasional.

“Dan untuk tindak lanjut dari laporan masyarakat melalui aplikasi Lapor dan MRK, sejak Januari 2018 semua laporan yang masuk itu sudah kita respon,” ucapnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: