Search
Selasa 19 Juni 2018
  • :
  • :

2019, Dana Desa Diperkirakan Naik Hingga Rp85 T!

Starberita – Jakarta, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo mengatakan, pemerintah berencana menambah alokasi dana desa untuk tahun 2019. Diperkirakan dana desa akan naik hingga Rp85 triliun.

“Presiden pada dasarnya selalu menginginkan meningkatkan dana desa. Kemarin dalam rapat kabinet paripurna, Menkeu mengatakan kemungkinan akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp75 triliun sampai 85 triliun,” ungkap Eko di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, kenaikan dana desa memang sangat bergantung pada kesiapan perangkat desa. Namun, setelah lebih dari empat tahun bergulir, kesiapan seharusnya sudah lebih baik dan kasus penyimpangannya pun bisa dikurangi. Selain kesiapan perangkat desa, dana desa akan dinaikkan tahun depan karena APBN juga mengalami kenaikan.

Dia mengungkapkan, pencapaian kesiapan perangkat desa di luar ekspektasi. Sebab ternyata mayoritas desa sudah mampu mengelola.

Eko membantah bahwa kenaikan dana desa ada kaitannya dengan pencitraan pemerintah untuk kepentingan pemilu dan pilpres pada tahun depan. “Dana desa tahun ini tidak mengalami kenaikan, yakni Rp60 triliun. Padahal sebelumnya pemerintah sudah mewacanakan dana desa akan selalu naik secara bertahap, yakni Rp20,5 triliun (2015), Rp47 triliun (2016), Rp60 triliun (2017), dan Rp120 triliun pada 2018. Namun untuk tahun 2018, besaran dana desa tidak berubah, yakni tetap Rp60 triliun.”

“Tidak ada (kaitannya dengan Pilpres). Karena setiap tahun dana desa selalu dikucurkan,” paparnya. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan

error: