Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – IWO Sumut Upayakan Mediasi Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik Kapoldasu
Search
Rabu 29 Januari 2020
  • :
  • :

IWO Sumut Upayakan Mediasi Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik Kapoldasu

Starberita – Medan, Kasus dugaan pencemaran nama baik Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Paulus Waterpauw mulai mendapat titik terang.

Terkait kasus itu, seorang jurnalis berinisial LS masih ditahan di Mapolda Sumut. Namun, antara kedua pihak yang terkait, yakni Kapoldasu dengan Kru Sorotdaerah.com sudah melakukan mediasi.

Adapun mediasi terkait kasus pemberitaan tersebut telah dilakukan pertemuan dengan Wakapolda di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (8/3/2018). Dimana dalam mediasi yang dilakukan, kru sorotdaerah turut didampingi pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumut dan IWO Medan.

Ketua IWO Sumut, Mei Leandha mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan mediasi agar masalah ini diselesaikan dengan baik. Dari pihak Polda Sumut sendiri, kata Mei, ada itikad baik untuk memberi kesempatan kepada wartawan yang saat ini diamankan agar membuat permintaan maaf tertulis yang ditujukan kepada Kapoldasu, Irjen Paulus Waterpauw.

“Sekarang kita sedang membantu membuat permohonan maaf tersebut,” kata Mei.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya juga menegaskan bahwa IWO Sumut belum ada mengeluarkan statemen apapun terkait kasus tersebut.

“Kita belum ada mengeluarkan rilis dan statemen apapun. Kita masih menunggu niat baik polda sumut untuk menyelesaikan kasus ini dengan cara-cara damai. Sejak kemarin, kita (IWO) tidak ada mengeluarkan rilis berita (statemen). Dan keputusan ini sudah disepakati semua anggota IWO Sumut dan IWO Medan. Jadi media-media yang memunculkan berita miring dipastikan bukan anggota IWO dan diluar tanggung jawab IWO,” tegasnya.

Mei pun mengatakan bahwa proses mediasi yang coba ditempuh sedang berjalan. Untuk itu, ia berharap agar semua pihak dan kawan-kawan jurnalis lainnya yang berempati dapat mengerti dan tidak memperkeruh suasana dengan menayangkan berita-berita yang di khawatirkan dapat menyudutkan LS.

Hal senada turut dilontarkan Ketua IWO Kota Medan, Erie Prasetyo yang juga berharap agar semua pihak bisa menahan diri.

“Demi kemanusian, kami berharap semua pihak tenang. Saat ini, proses mediasi antara kru sorotdaerah dengan Polda Sumut tengah dilakukan,” kata Erie.

Erie yang menengahi mediasi itu juga berharap agar organisasi serta perusahaan pers lainnya bisa memahami proses mediasi yang tengah berlangsung.

“Rekan kita LS masih ditahan di Polda Sumut. Kita sudah melakukan mediasi agar tercapai jalan terbaik. Kita mohon dukungan teman-teman dan tidak memperkeruh suasana. Saat ini IWO dan sorotdaerah masih berjuang agar kasus yang dialami LS bisa diselesaikan dengan damai,” tambahnya.

Menurutnya, Polda Sumut sudah menerima dengan baik mediasi terkait kasus pencemaran nama baik Kapolda Sumut tersebut.

“Mediasi diterima perwakilan Kapolda, yakni Wakapolda Sumut beserta jajaran pejabat Polda Sumut. Intinya dalam mediasi itu, pihak Sorotdaerah mewakili LS sudah meminta maaf kepada Polda. Mereka juga sudah mengaku lalai dalam membuat pemberitaan. Permohonan maaf juga sudah diterima perwakilan Kapolda Sumut dengan baik,” pungkas Erie. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: