Search
Minggu 18 Februari 2018
  • :
  • :

Bawaslu Tangani Gugatan JR Saragih dalam 12 Hari

Starberita – Medan, Ketua Bawaslu Sumatera Utara, Safrida R Rasahan mengatakan, pihaknya akan menangani gugatan JR Saragih terhadap KPU usai gagal ditetapkan sebagai pasangan calon dalam Pilgubsu 2018.

JR Saragih mengantarkan gugatannya ke Kantor Bawaslu Sumatera Utara diwakili oleh tim kuasa hukum pada Rabu (14/2/2018).

“Masa penyelesaian sengketa Pilkada Sumut selama 12 hari”, ujar pada Rabu, 14 Februari 2018.

Dia mengatakan laporan gugatan yang diterima Bawaslu Sumatera Utara akan diperiksa selama tiga hari. Kemudian tiga hari berikutnya, diberikan kesempatan kepada penggugat untuk melengkapi berkas gugatan.

Usai pemeriksaan kelengkapan berkas, Bawaslu akan segera menyusun jadwal dan melakukan agenda musyawarah penyelesaian. Total waktu penyelesaian sengketa selama 12 hari.

Jika nantinya keputusan yang diambil dalam musyawarah tidak dapat diterima, JR Saragih-Ance Selian dapat melanjutkan sengketa ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Jika masih tidak puas, pemohon dapat kembali melaporkan gugatan hingga ke Mahkamah Agung (MA).

Sementara itu, tim hukum JR Saragih-Ance Selian bersikukuh jika kliennya layak menjadi paslon dalam Pilkada Sumatera Utara 2018. “Ijazah Pak JR Saragih tidak perlu diragukan”, kata anggota tim kuasa hukum, Jony Silitonga.

Anggota tim kuasa hukum lainnya, Ikhwaluddin Simatupang mengatakan nomor ijazah JR Saragih yang dimasukkan ke KPU sudah diakui kebenarannya oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

KPU Sumatera Utara menetapkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus sebagai paslon dalam Pilgub Sumut 2018. Sedangkan pasangan JR Saragih dan Ance Selian gagal ditetapkan, setelah KPU menyatakan legalisir fotocopy ijazah JR Saragih tidak diakui oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. (sbc-03/tem)




Tinggalkan Balasan