Search
Senin 10 Desember 2018
  • :
  • :

Pil Kontrasepsi, Anda Harus Tahu 7 Faktanya

Starberita – Jakarta, Ada sebagian pasangan menunda kehamilan setelah menikah dengan berbagai alasan. Hal yang dilakukan salah satunya adalah dengan minum pil kontrasepsi.

Pil Kontrasepsi bekerja dengan menekan proses ovulasi tubuh dan menghentikan sel telur meninggalkan ovarium. Selain itu obat kontrasepsi juga bekerja dengan hormon tubuh anda.

Perlu Anda ketahui beberapa fakta tentang pil kontrasepsi sebelum Anda mencoba. Berikut penjelasannnya:

Tidak semua pil kontrasepsi sesuai dengan tubuh anda.

Pil kontrasepsi ada beberapa jenis, Anda tentu akan memilih obat yang direkomendasikan oleh teman. Sebaiknya selalu mengunjungi dokter yang akan memberi resep yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Pil kontrasepsi akan bekerja efektif jika sesuai ketetapan

Jika Anda ingin agar pil tersebut bekerja efektif, maka perlu mengikuti resep dengan ketat. Misalkan, pil perlu diminum setiap hari secara teratur.

Pil tidak mencegah Anda dari penyakit menular

Inilah kelemahan pil kontrasepsi. Meskipun dapat mencegah kemungkinan kehamilan, tapi tidak memberikan perlindungan terhadap PMS (herpes) atau AIDS.

Pil dapat mengatur siklus menstruasi

Pil Kontrasepsi adalah keuntungan bagi wanita dengan penyimpangan pada periode menstruasi, karena pil ini mengatur siklus bulanan untuk wanita. Sebenarnya, Anda dapat menunda masa menstruasi jika terjadi peristiwa penting yang akan datang hanya dengan melanjutkan pil selama beberapa hari setelah siklus biasa 21 hari.

Memberikan solusi untuk beberapa wanita dengan masalah kesehatan

Pil kontrasepsi telah digunakan untuk mengobati banyak kondisi medis lainnya pada wanita seperti ovarium polikistik, endometriosis dan jerawat. Pil tersebut bahkan bisa mengobati kondisi tertentu yang berkaitan dengan kesuburan.

 Pil kontrasepsi memiliki efek samping

Efek samping yang umumnya terkait dengan pil ini meliputi bercak, mual, muntah, nyeri tekan payudara dan bahkan migrain. Keuntungannya adalah berat badan yang mendadak naik atau penurunan berat badan yang berkaitan dengan pil KB jika Anda memakai jenis yang salah.

Pil tidak Menyebabkan Kanker Payudara

Banyak rumor yang beredar bahwa pil ini menyebabkan kanker payudara, padahal sebenarnya itu tidak. Karena banyak bukti yang mengtakan pil tersebut akan benar-benar efektif jika dikonsumsi sesuai resep dokter. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: