Search
Senin 21 Mei 2018
  • :
  • :

Mitos Mengenai Tidur yang Harus Anda Ketahui

Starberita – Jakarta, Tidur merupakan aktivitas fisik yang dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian bekerja dan belajar. Rata-rata orang butuh tidur selama delapan jam setiap harinya. Tetapi karena tuntutan pekerjaan tidak semua orang mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang baik dan cukup itu berdasarkan apa yang dikatakan tubuh anda.

Menurut pakar tidur Dr Neil Stanley, tidak semua orang butuh tidur delapan jam, semuanya tergantung pada keadaan tubuh masing-masing. Ternyata tidur delapan jam hanya mitos, selain itu masih banyak mitos yang berkaitan dengan tidur seperti penjelasan berikut ini:

  1. Tidur delapan jam

Mitos – “Kebutuhan tidur semua orang itu berbeda tergantung kondisi tubuh masing-masing. Jumlah tidur yang Anda butuhkan adalah jumlah seberapa lama Anda terjaga dan fokus selama seharian. Jika Anda merasa mengantuk selama seharian berarti ada masalah yang terjadi pada kualitas tidur anda.

  1. Tenangkan pikiran Anda ketika hendak tidur

Fakta – Agar bisa tidur hal yang harus Anda perhatikan : kamar yang nyaman, tubuh yang relaks dan yang terpenting adalah ketenangan pikiran Anda. Jika pikiran Anda berkecamuk, maka Anda tidak akan mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Minum kopi sebelum tidur membuat Anda terjaga pada malam hari

Mitos – Kopi bukanlah penyebab orang terjaga malam hari, tapi sebagian orang berpikir kandungan kafein pada kopi menyebabkan mereka terjaga. Agar dapat tidur mereka menghindari kopi ketika hendak tdur.

  1. Olahraga sebelum tidur akan mencegah Anda tidur

Berolaraga pada malam hari tidak akan berdampak pada kemampuan tidur anda baik itu positif atau negatif. Yang terpenting adalah Anda melakukan pendinginan setelah beroaharaga sebelum tidur.

  1. Semakin tua kebutuhan tidur berkurang

Mitos – kebutuhan tidur tetap sama walaupun usia telah bertambah. Disisi lain yang berubah adalah kemampuan untuk mendapatkan tidur yang kita butuhkan. Seiring bertambahnya usia tidur menjadi lebih sedikit dan kurang nyenyak. Jadi lebih mudah terbangun di malam hari dan begitu terjaga sulit untuk tidur lagi.

  1. Remaja butuh tidur lebih banyak dibandingkan dewasa

Fakta – remaja butuh tidur lebih banyak karena mereka dalam masa pubertas yang menyebabkan perubahan pada keadaan fisik dan emosional mereka, untuk itu tidur sangat penting dalam proses ini.

  1. Tetap bekerja walaupun sakit

Mitos – ketika anda sakit tubuh membutuhkan istirahat yang cukup dan melawan infeksi. Tetapi masih tetap bekerja sama saja akan memperlambat proses kesembuhan tidak hanya itu teman kerja Anda juga akan tertular juga. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: