Search
Kamis 15 November 2018
  • :
  • :

Microsoft Prediksi 40% PDB Indonesia dari Layanan Digital

Starberita – Jakarta, Melalui studi perusahaan riset International Data Corporation (IDC), Microsoft memprediksi bahwa 40 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia akan berasal dari produk atau layanan digital hingga tahun 2021.

“Indonesia terlihat jelas berada dalam fast track transformasi digital. Dalam empat tahun ke depan, kami berharap dapat melihat sekitar 40 persen PDB Indonesia berasal dari produk dan layanan digital,” kata Haris Izmee, President Director of Microsoft Indonesia di Jakarta, kemarin.

Transformasi digital akan menambahkan sekitar US$ 22 miliar terhadap PDB Indonesia dan meningkatkan pertumbuhan sebesar 0,4 persen per tahun. Studi ini juga memprediksi lonjakan yang cukup besar dalam transformasi digital di seluruh perekonomian Asia Pasifik.

Pada tahun 2017, menurut Haris, sekitar 4 persen PDB Indonesia berasal dari produk dan layanan digital yang dibuat langsung menggunakan teknologi digital, seperti mobilitas, komputasi awan, Internet of Things (IoT) dan artificial intelligence (AI).

“Pada saat yang sama, organisasi-organisasi di Asia Pasifik semakin banyak menerapkan teknologi baru seperti artificial intelligence sebagai bagian dari bentuk inisiatif transformasi digital mereka dan itulah yang akan mempercepat pertumbuhan mereka lebih jauh,” ujar dia. (sbc-03/tem)




Tinggalkan Balasan