Search
Rabu 26 September 2018
  • :
  • :

Jangan Abaikan Gejala Dini Stroke Ini

Starberita – Jakarta, Stroke merupakan salah satu penyakit serius yang harus mendapatkan penanganan khusus. Stroke adalah penyakit yang disebabkan terjadinya penggumpalan darah yang masuk ke pembuluh darah otak. Hal ini yang kemudian menyebabkan gangguan suplai oksigen ke otak yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada otak, kelumpuhan tubuh dan kematian.

Stroke penyakit serius yang sangat mengerikan sekali, untuk itu kita harus waspada terhadap penyakit tersebut. Untuk terhindar dari penyakit stroke, tentu kita harus melakukan pola hidup sehat dengan rajin berolah raga dan mengkonsumsi makanan sehat.

Selain itu kita harus mengetahui gejala-gejala awal stroke, sehingga ketika mengalami gejala awal, kita bisa langsung melakukan pengobatan. Lalu apa saja gejala awal dari penyakit stroke. Berikut Gejala Dini Stroke Yang Tak Boleh Anda Abaikan.

1. Wajah miring

Gejala dini pertama yang wajib anda waspadai dari penyakit stroke adalah wajah yang miring. Gejala ini merupakann gejala yang bisa kita lihat dengan jelas, ketika stroke mulai menyerang, akan terjadi kelumpuhan setengah wajah, sehingga wajah akan menjadi miring, selain itu wajah juga akan mati rasa. Hal ini dikarenakan saraf yang bekerja menyuplai oksigen ke otot wajah rusak, sehingga wajah menjadi lumpuh dan miring.

2. Sulit bicara

Gejala stroke berikutnya yang tak boleh anda abaikan adalah ketika anda sulit bicara. Hal ini terjadi karena gumpalan darah yang menghalangi suplai darah kebagian otak yang bertanggung jawab atas kemampuan berkomunikasi. Jika anda mengalami hal demikian, secepatnya bawa kerumah sakit, jika terlambat anda kehilangan kemampuan berbicara anda.

3. Tangan sulit bergerak

Gejala berikutnya yaitu kelemahan yang terjadi pada bagian tubuh atau setengah tubuh. Hal ini bisa ditandai dengan tangan yang sulit digerakan. Tangan sulit digerakan seperti sulit untuk diangkat hingga ke kepala.

4. Sering muncul sensasi semutan

Semutan memang hal biasa dan bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak-anak. Namun jika anda sering mengalaminya bahkan tanpa alasan yang jelas, anda wajib waspada, hal ini bisa saja gejala awal dari stroke. Hal ini biasanya terjadi pada kaki dan lengan.

5. Pengelihatan kabur

Pengelihatan kabur bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu gejala stroke. Hal ini terjadi karena kurangnya pasokan oksigen ke lobus opsipital otak yang bertanggung jawab untuk pengatur pengelihatan.

6. Lumpuh separoh

Gejala yang paling jelas dari penyakit stroke adalah lumpuh separoh dari tubuh kita. Jika hal ini sudah terjadi, maka tubuh akan sangat sulit untuk digerakan. Anda hanya bisa terbaring di ranjang atau dikursi roda.

Demikianlah informasi tentang Gejala Dini Stroke Yang Tak Boleh Anda Abaikan. Ingat stroke merupakan penyakit serius, jadi jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, anda wajib pergi ke dokter. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: