Search
Rabu 26 September 2018
  • :
  • :

Catat! 11 Makanan Pemicu Radang Sendi, Jangan Berlebihan Konsumsinya

Starberita – Jakarta, Peradangan pada sendi umumnya dikenal sebagai Arthritis. Banyak orang yang telah berjuang melawan kondisi kesehatan ini, yang memengaruhi fungsi normal kehidupan. Peradangan sendi berhubungan dengan pembekakan sendi, nyeri sendi, dan kekakuan sendi. Salah satu penyebab terjadinya radang sendi adalah faktor makanan.

Apa saja daftar makanan yang dapat menyebabkan radang sendi? Berikut

  1. Tomat

Anda tahu bahwa sebagian makanan menggunakan tomat seperti salad, saus dan kecap. Meskipun umumnya tomat diasumsikan anti inflamasi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa tertentu pada tomat diketahui menyebabkan radang sendi. 

  1. Soda

Minuman soda dan jus botol adalah salah satu minuman yang sangat banyak dikonsumsi yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan karena pemanis buatan ditambah kedalamnya. Fruktosa yang terkandung dalam minuman dan minuman ringan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang berkontribusi terhadap peradangan sendi.

  1. Permen

Gula harus dihindari untuk menghilangkan kondisi peradangan. emanis buatan dan permen gula dan produk permen roti dapat menyebabkan obesitas, yang selanjutnya dapat menyebabkan lutut terasa sakit karena tekanan yang terbentuk di lutut.

  1. Tepung terigu

Tepung Terigu menjadi salah satu makanan yang dapat mempengaruhi sendi. Kenaikan kadar gula darah dapat menyebabkan produksi zat kimia yang disebut sitokin oleh tubuh. Jadi, roti putih, pasta, dan makanan olahan dari tepung terigu harus dihindari. 

  1. Gorengan

Asam lemak omega-6 yang terkandung dalam makanan gorengan bertanggung jawab atas peradangan kronis. 

  1. Produk olahan susu

Kandungan protein dan whey dalam produk olahan susu dapat memicu radang sendi. Produk olahan susu dikenal sebagai faktor yang paling berkontribusi menyebabkan peradangan. Jadi, disarankan untuk menyingkirkan produk susu dari daftar makanan dan lebih memilih asupan protein dari makanan nabati.

  1. Daging olahan

Jumlah asupan lemak dan kalori dari daging dapat membuat Anda sangat rentan terhadap radang sendi. Adalah bijaksana untuk beralih dari diet non-vegetarian ke vegetarian untuk menghindari peradangan di persendian.

  1. Alkohol

Asupan alkohol yang sering dan berkepanjangan dapat membahayakan kesehatan dan menyebabkan peradangan parah pada persendian. 

  1. Minyak jagung

Minyak jagung mengandung asam lemak omega-6 yang bila dikonsumsi berlebihan telah terlihat meningkatkan peradangan.

  1. Penyedap rasa

Penyedap yang ditambahkan ke makanan adalah salah satu daftar makanan yang harus dihindari. Karena dapat meningkatkan radang sendi dan meningkatkan gejala penyakit ini. 

  1. Kopi

Minum kopi yang berlebihan dapat berdampak buruk pada lutut anda. Sebaiknya anda mengganti dengan teh hijau atau teh hitam. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: