Search
Rabu 21 Februari 2018
  • :
  • :

5 Tanda Kanker Pankreas yang Harus Diwaspadai

Starberita – Jakarta, Pankreas merupakan salah satu organ penting dalam tubuh, namun organ ini kadang tidak dipedulikan kesehatannya. Pankreas berperan aktif untuk mencerna makanan dan mengendalikan gula dalam darah.

Pankreas merupakan organ yang cukup rentan alami kerusakan, termasuk terserang oleh kanker. Perlu kewaspadaan tinggi agar kamu terhindar dari penyakit mematikan ini. Untuk itu, Anda perlu mengenali beberapa tanda kanker penakreas berikut ini.

1. Perut Membucit secara Cepat

Jika Anda alami keanehan secara tiba-tiba di perut, seperti kembung terus-terusan dan perut membesar seketika bisa jadi tumor pada pankreas juga semakin membesar.

  1. Mata dan Kulit Berubah Menjadi Kuning

    Pankreas berdekatan dengan organ empedu, jika kanker tumbuh di dekat empedu maka akan menggangu kinerja empedu yang membuang zat bilirubin. Nah, saat bilirubin tidak terbuang sempurna maka bisa memicu perubahan warna putih mata dan kulit menjadi menguning.

    3. Sakit Punggung

    Kanker pankreas juga bisa menggangu dan menekan otot di daerah punggung bagiang bawah. Tekanan dari pertumbuhan sel kanker dan tumor semakin membesar akan membuat rasa sakit semakin besar juga.

    4. Urine Menjadi Keruh

    Urine keruh merupakan tanda dehidrasi, namun kerusakan pankreas akibat kanker juga bisa membuat urine Anda berubah menjadi keruh gelap dan kecoklatan.

    5. Tubuh Gatal-Gatal

    Pankreas ang terkena kanker makan akan merusak proses pencernaan, Protein dan bilirubin akan sulit disekresikan dan hasilnya zat tersebut akan terkumpul di bawah lapisan kulit dan memicu gatal-gatal. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan