Search
Senin 10 Desember 2018
  • :
  • :

Kopi Lintong Dapat Pengakuan Kemenkumham

Starberita – Dolok Sanggul, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia menyatakan pengakuan atas Kopi Arabika Sumatera Lintong.

Pengakuan tersebut ditegaskan melalui penerbitan sertifikat Indikasi Geografis (IG) No ID G 000000063. Penyerahan IG itu, diserahkan langsung Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Fathluracman kepada Dosmar Banjarnahor Bupati Humbahas, kemarin, di Dolok Sanggul.

Ketua Masyarakat Pemerahati Kopi Arabika Sumatera Lintong (Maspekal) Gani Silaban menyambut baik penerbitan sertifikat Indikasi Geografis Kopi Lintong Arabika Sumatera Lintong kepada Maspekal, itu artinya kopi lintong telah mendapatkan pengakuan.

“Dengan diterbitkannya IG tersebut, ini adalah berita baik kepada masyarakat Humbahas, secara khusus kepada petani kopi, karena kopi kita sudah diakui dan dipatenkan,” ujarnya.

Maspekal mengajukan permohonan pendaftaran IG Kopi Arabika Sumatera Lintong kepada pemerintah, agar terhindar dari pemalsuan dan penggunaan illegal nama dan kualitas kopi. Selain itu, juga mendapat pengakuan soal ke aslian asal asul produk kopi dan terhindar dari pemalsuan, sekaligus namanya terlindungi sebagai merek kolektif atau milik komunal masyarakat setempat.

“Hasil dari penerbitan tersebut, kita yang merasakannya, sehingga manfaat keberadaan Kopi Arabika Sumatera Lintong dapat dinikmati secara maksimal oleh seluruh petani kopi, seluruh pelaku usaha kopi dan masyarakat Humbahas pada umumnya. Kita selama ini sudah banyak dirugikan, selanjutnya akan kita benahi bersama sama dengan seluruh pengusaha kopi, petani dan elemen masyarakat laianya,” imbuhnya.

Dosmar mengatakan, kopi di Humbahas memiliki cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh penghasil kopi lain dan itu berdasarkan hasil uji laboratorium pusat penelitian kopi dan kakao Indonesia.

Menteri Hukum Dan HAM RI melalui Fathlucrahman Direktur Merek Dan Indikasi Geografis mengharapkan, masyarakat Humbahas mendukung program kerja dari Maspekal dan Pemerintah Humbahas, semata mata demi kesejahteraan masyarakat Humbahas secara lhsus untuk masyarakat Petani Kopi di Humbahas. (sbc-05/




Tinggalkan Balasan

error: