Search
Sabtu 24 Februari 2018
  • :
  • :

GM PLN Sumut Tinjau Kesiapan Gardu Hubung Purba

Starberita – Panyabungan, Sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN tahun 2017-2026 untuk proyek pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik, akan dibangun salah satu pembangkit listrik tenaga energi terbarukan yaitu Geothermal yang dibangun oleh Sorik Merapi Geothermal Power Plant.

Pembangkit ini akan menyokong pasokan listrik yang siap untuk dinikmati masyarakat Sumatera Utara terutama Mandailing Natal. Salah satu pembangunan yang paling penting untuk menghubungkan dari Pembangkit kepada Transmisi yang kemudian dikonversi untuk disalurkan kepada pelanggan adalah Gardu Induk.

Namun sebelum menuju pelanggan, Gardu Induk harus memecah konversi tersebut melalui Gardu Hubung agar dapat disalurkan melalui jaringan listrik tegangan menengah (TM) yang kemudian menuju jaringan listrik tegangan rendah (TR) agar dapat disalurkan kepada pelanggan.

General Manager PLN Wilayah Sumatera Utara, Feby Joko Priharto, Senin (12/2), mengadakan kunjungan ke Gardu Hubung Purba yang berlokasi di Panyambungan, Mandailing Natal. Kunjungan ini sekaligus menjadi inspeksi kehandalan Gardu Hubung ini untuk memberikan pasokan listrik kepada Pelanggan PLN di Wilayah Sumut.

Gardu Hubung Purba ini terhubung dan disalurkan langsung oleh PLTP Sorik Merapi dengan kapasitas 300 MW melalui kabel bawah tanah sepanjang 10 (sepuluh) Kilometer. Daya yang akan dipasok melalui Gardu Hubung Purba ini adalah sebesar 20 MW, untuk mendukung sistem kelistrikan Sumatera Utara.

“Sudah siap, tinggal menunggu pemasangan kubikel (alat untuk menghubungkan ke sistem kelistrikan PLN),” ujar Feby.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sorik Merapi ini rencananya akan memasok daya sebesar 300 MW untuk jangka panjangnya. Sebagai info, PLTP Sorik Merapi ini juga menjadi salah satu Pembangkit Listrik yang menggunakan energi terbarukan yaitu Panas Bumi (Geothermal).

Kedepannya PLN siap untuk menyediakan tenaga listrik di Sumatera Utara untuk setiap lapisan masyarakat, agar masyarakat dapat menikmati dan memanfaatkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan