Search
Jumat 14 Desember 2018
  • :
  • :

Agar Tubuh Tetap Sehat, Ini Tips Ampuh Atasi Insomnia

Starberita ‚Äď Jakarta, Insomnia¬†merupakan keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Hal itu biasanya dibarengi dengan adanya penyakit atau permasalahan psikologis, sehingga menyebabkan penderita insomnia tergantung dengan obat tidur dan zat penenang untuk membantu mereka tidur.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia ringan, yaitu:

Buat jadwal tidur

National Sleep Foundation menyarankan Anda untuk membuat jadwal tidur dengan benar. Lakukan hal tersebut setiap hari sekalipun pada hari libur. Ritual sebelum tidur juga penting untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Cobalah bersantai sejenak, mandi atau membaca buku. Jangan berinteraksi dengan ponsel atau pun laptop menjelang tidur, karena hal tersebut akan membuat otak kembali bekerja keras.

Hindari alkohol

Hindari alkohol, rokok dan makanan berat sebelum tidur. Karena hal ini akan mengganggu tidur Anda. Sebaiknya makan malam setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur, dan jika Anda merasa lapar lagi, cukup konsumsi snack ringan 45 menit sebelum tidur.

Pastikan ruangan gelap

Pastikan ruangan Anda dalam keadaan gelap dan dingin. Gelap mengisyaratkan otak untuk menghasilkan melatonin, hormon yang mengatur tidur. Melatonin mendinginkan suhu tubuh internal Anda, yang seharusnya mencapai titik terendah antara pukul 02.00-04.00. The Sleep Foundation merekomendasikan suhu kamar tidur sekitar 15 sampai 20 Celcius.

Minum susu sebelum tidur

Coba untuk meminum susu hangat sebelum tidur. Kebiasaan minum susu hangat sebelum tidur dipercaya bisa membuat perasaan lebih tenang dan rileks. Hal ini juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

Jika semua percobaan diatas tidak berhasil, cobalah memakai kaos kaki hangat berbahan wol. Berdasarkan studi oleh peneliti Swiss yang dipublikasikan pada jurnal Nature membuktikan bahwa tangan dan kaki yang hangat akan memudahkan seseorang untuk tidur.

Pakar tidur dr. Wendy Troxel juga menjelaskan bahwa, Anda harus melatih otak untuk menyadari bahwa tempat tidur merupakan tempat untuk tidur, bersantai tanpa rasa khawatir ataupun stres.

Jika Anda merasa insomnia perlu penanganan khusus, lebih baik lakukan konsultasi ke dokter. Apabila terus-menerus dibiarkan, bukan tidak mungkin insomnia bisa memicu penyakit lain yang lebih berbahaya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: