Search
Rabu 21 Februari 2018
  • :
  • :

Pemkab Samosir Launching e-Planning dan e-Perizinan

Starberita – Pangururan, Pemkab Samosir melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah(Bappeda) dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Samosir melaunching aplikasi E-planning dan E-perijinan di Rianiate halaman perkantoran bupati, Kecamatan Pangururan, kemarin.

Ketua Tim Pengembang Aplikasi E-goverment, Rudi Siahaan menjelaskan, dasar pelaksanaan pengembangan e-goverment yaitu, Perpres RI nomor 55 tahun 2012 tentang strategi nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi (Stranas PPK) jangka panjang tahun 2012-2025.

Dalam Perpres tersebut, jelasnya, mengamanatkan kepada seluruh instansi pemerintah termaksud daerah agar membuat langkah-langkah strategis untuk memastikan terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi serta membuat piranti anti korupsi.

“Dengan cara tersebut, kami akan lebih leluasa untuk mengembangkan atau mengupdate aplikasi yang sudah ada, maupun mengembangkan aplikasi-aplikasi yang baru sesuai kebutuhan di Kabupaten Samosir. Dan kami juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tim KPK RI yang terus memotivasi untuk bisa mengembangkan e-planning,” sebutnya.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam sambutannya mengatakan, sistem E-goverment adalah bentuk upaya pencegahan tindak pidana korupsi dalam tubuh pemerintah dengan memperbaiki tata kelola pemerintahan itu sendiri.

Oleh karena itu, kami mohonkan kepada tim KPK untuk selalu memberikan bimbingan dan pendampingan terutama untuk mencapai rencana pengembangan ke depan yang lebih sempurna. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan