Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – KPU Sibolga Bantah Tudingan Pemekaran Dapil
Search
Selasa 21 Januari 2020
  • :
  • :

KPU Sibolga Bantah Tudingan Pemekaran Dapil

Starberita – Sibolga, Komisioner KPU Sibolga, Salmon Tambunan membantah tudingan yang wacana pemekaran daerah pemilihan di Kota Sibolga pada Pemilu 2019 mendatang.

“KPU tidak membuat grand design 4, tapi kalau diusulkan bukan 4 duluan, tapi 2 duluan. Tapi ini adalah usulan, jadi tidak logis kalau usulannya cuma satu, tidak ada choice,” kata Salmon membantah tudingan Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori dalam dialog terkait Dapil di Kota Sibolga yang digelar IWO Sibolga-Tapteng di Hens Coffee, kemarin.

Sebelumnya, Salmon menjelaskan munculnya wacana pemekaran Dapil Sibolga menjadi 4 dari 2, bukanlah dari rapat pleno KPU, melainkan usai digelarnya Focus Group Discusion (FGD) yang menghadirkan berbagai pihak pada November lalu.

“Wacana itu muncul saat kita melaksanakan FGD dengan berbagai pihak, termasuk melibatkan awak medianya juga, jadi bukan hasil pleno KPU,” katanya.

Dikatakan, dalam menentukan jumlah Dapil, KPU selalu mengacu pada UU nomor 7 tahun 2017. Berbagai prinsip dalam penentuan ini menjadi acuan. Menurut Salmon lagi, tahapan penentuan Dapil adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh KPU Sibolga sebagai amanah dari Undang-undang.

“Bagaimana besaran kursi bisa merata, jangan ada terlalu gemuk jangan ada terlalu kurus. Ini adalah tahapan yang harus kami laksanakan, jangan nanti DKPP mengingatkan kami. Kami terus diawasi, harapan kita 2 atau 4 dapil tidak ada masalah,” pungkas Salmon. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: