Search
Selasa 14 Juli 2020
  • :
  • :

Polri Bakal Tunjuk Irjen Pol Martuani Jadi Plt Gubsu

Starberita – Jakarta, Dalam rangka mengisi kekosongan pimpinan saat Pilkada Serentak 2018, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bakal mengutus Dua perwira tinggi (Pati) menjadi pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) dan Jawa Barat (Jabar).

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul, Kamis (25/1/2018), menyampaikan, Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani Siregar sebagai Plt Gubernur Sumut. Sementara, Assisten Operasi (As Ops) Irjen Pol M Iriawan sebagai Plt Gubernur Jabar .

“Ya tadi dalam pengarahannya Bapak Wakapolri menyampaikan bahwa ada dua perwira tinggi Polri yang dipercaya untuk memimpin sementara dua wilayah provinsi, yaitu provinsi Jawa Barat dan Sumatera Utara,” kata Martinus. “Informasi ini kita masih menunggu surat resminya, sehingga bisa kita ketahui siapa yang akan menduduki jabatan sementara,” ujarnya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menyebut keputusan dua Pati menjadi Plt Gubernur berdasarkan rujukan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Iya (rujukan Kemendagri). Kita ketahui bahwa dua wilayah ini ikut Pilkada serentak dan kemudian beberapa wilayah juga ada yang ditunjuk. Tapi Polri sendiri diberi kepercayaan dua perwira tingginya,” ucapnya.

Menurut Martinus, ditunjuknya dua perwira tinggi Polri menjadi Plt Gubernur bukanlah hal yang pertama kali. Sebelumnya, Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam Irjen Carlo Brix Tewu pernah menjabat sebagai Plt Gubernur Sulawesi Barat pada 2016.

“Begitu pun juga saat ini, direncanakan ada dua perwira tinggi Polri untuk menduduki jabatan Gubernur di wilayah Jawa Barat dan Sumatera Utara,” kata Martinus.

Nantinya, jika memang ditunjuk sebagai Plt Gubernur, dua perwira tinggi ini akan mengisi kekosongan pemerintahan daerah selama empat hingga lima bulan. “Menjabat sekitar 4 sampai 5 bulan,” katanya. (sbc-03/vnc)




Tinggalkan Balasan

error: