Search
Jumat 3 April 2020
  • :
  • :

Ibu Hamil Terkena Flu? Atasi dengan Langkah Ini

Starberita – Jakarta, Wanita hamil tentu berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kandungannya. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi hingga menghindari obat-obatan tertentu. Akan tetapi, bukan tidak mungkin bila seorang ibu hamil terkena penyakit seperti flu. Bila sudah begitu, apa yang seharusnya dilakukan oleh ibu hamil?

Flu adalah masalah serius bagi ibu hamil. Sebab, flu dapat meningkatkan risiko komplikasi serius seperti pneumonia, gagal ginjal, pembengkakan otak, persalinan prematur, dan bahkan kematian. Maka dari itu, ibu hamil yang terkena flu lebih dari dua hari harus menghubungi bidan atau dokter kandungannya. Flu biasanya ditandai dengan demam, batuk, sakit tenggorokan, mual, dan kehilangan nafsu makan.

Saat pemeriksaan, dokter biasanya akan meresepkan obat antiviral yang terbukti aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Memang tak sedikit ibu hamil yang menghindari konsumsi obat karena takut terjadi sesuatu pada kandungannya. Tapi tenang, ibu hamil masih bisa mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan sakitnya. Berkonsultasilah kepada dokter atau apoteker untuk memastikan.

Langkah lain yang bisa dipilih oleh ibu hamil untuk meredakan gejala flu adalah beristirahat yang cukup dan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi. “Penting bagi ibu hamil untuk mendengarkan keinginan tubuhnya. Luangkanlah waktu untuk beristirahat lebih banyak selama masa perawatan,” tutur seorang bidan, Abigail Corbin. Bahkan bagi ibu hamil yang bekerja jika perlu mintalah ijin lebih lama untuk beristirahat atau bekerja dari rumah sementara waktu bila memungkinkan.

Selama mengalami flu, ibu hamil juga disarankan untuk meminum banyak minuman hangat agar tubuh tetap terhidrasi. Sebuah penelitian dari Cardiff University, Inggris mengungkapkan minuman hangat secara nyata lebih baik untuk mengatasi pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan.

Jika flu sudah membaik, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Sering-seringlah untuk mencuci tangan guna membunuh bakteri atau kuman yang tertempel di tangan. Selain itu, ibu hamil disarankan untuk menerima vaksin agar tidak terkena flu di lain waktu. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: