Search
Jumat 5 Juni 2020
  • :
  • :

Benarkah Terapi Akupunktur Bisa Atasi Masalah Kesuburan?

Starberita – Jakarta, Mungkin, Anda sudah melakukan berbagai cara untuk mendapatkan momongan. Dari minum berbagai obat, hingga melakukan bermacam-macam terapi, termasuk terapi akupunktur. Banyak orang yang percaya kalau terapi akupuntur bisa atasi masalah kesuburan. Akan tetapi apakah terapi akupunktur ampuh untuk meningkatkan kesuburan? Apakah masalah kesuburan bisa diatasi dengan melakukan pengobatan alternatif ini?

Perlukah melakukan terapi akupunktur untuk meningkatkan kesuburan?

Terapi akupuntur adalah pengobatan alternatif yang berasal dari Cina yang sudah ada sejak lama. Pengobatan ini menjadi salah satu pilihan favorit bagi sebagian orang, karena dipercaya dapat menyembuhkan dan membantu atasi beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya bisa meningkatkan kesuburan.

Namun sebenarnya, sampai saat ini fakta bahwa akupunktur bisa mengatasi masalah kesuburan masih pro dan kontra. Pasalnya belum banyak penelitian ilmiah yang membutktikan terapi akupunktur bisa meningkatkan kesuburan.

Sebagian besar penelitian hanya menyatakan bahwa terapi ini bisa mengatasi stres yang dialami pasangan yang sedang mengalami masalah kesuburan, tapi tidak ditujukan sebagai pengobatan utama dari gangguan ini. Selain itu, dalam beberapa penelitian juga disebutkan bahwa akupuntur dapat memperlancar aliran darah ke bagian rahim, sehingga membantu menebalkan bagian dinding rahim.

Namun, pada studi-studi lainnya, diketahui bahwa akupunktur hanya berdampak sangat sedikit terhadap kesehatan reproduksi wanita. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada wanita yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS). Pada penelitian tersebut, tidak ditemukan pengaruh terapi akupunktur terhadap kesuburan. Maka itu, perlu penelitian lebih lanjut lagi untuk mengetahui pengaruh dari terapi akupunktur ini terhadap masalah kesuburan.

Cara-cara lain untuk meningkatkan kesuburan

Terapi akupunktur tak sepenuhnya bisa atasi masalah kesuburan yang Anda hadapi. Tentunya hal yang utama untuk mengatasi masalah kesuburan yang Anda alami adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahli. Dengan begitu, Anda mengetahui apa penyebab Anda kesulitan untuk memiliki momongan. Selain itu, ada cara lain yang bisa membantu usaha Anda dalam meningkatkan kesuburan, yaitu:

  1. Mengendalikan berat badan

Hal ini tak hanya membantu membuat Anda lebih subur, tetapi juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara umum. Telah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa laki-laki dan wanita yang punya indeks massa tubuh (IMT) di angka normal, cenderung lebih subur. Untuk mengetahui berapa indeks massa tubuh Anda, silakan isi di Kalkulator Indeks Massa Tubuh ini.

  1. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Antioksidan seperti asam folat dan zink, bisa membantu tingkatkan kesuburan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi 75 gram antioksidan per hari, bisa meningkatkan kualitas sperma. Di lain studi, juga disebutkan bahwa suplementasi antioksidan dapat memperbanyak produksi sel telur sebanyak 25 persen.

  1. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan berlemak bisa memengaruhi kerja hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang mengatur fungsi reproduksi. Sebaiknya, Anda hindari makanan lemak jenuh dan lemak trans, yang biasanya terdapat dalam makanan kemasan dan makanan yang digoreng.

  1. Jangan lupa olahraga rutin

Olahraga rutin tak hanya bikin tubuh Anda sehat, tapi juga bisa meingkatkan kesuburan. Penelitan dalam lingkup besar menyatakan bahwa satu jam olahraga per hari bisa menambah peluang kesuburan.

  1. Hitung masa subur

Bagi Anda kaum perempuan, sebaiknya ketahui masa subur Anda. Dengan begitu, peluang terjadinya pembuahan bisa lebih besar. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: