Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Beda dengan Flu Biasa, Ini Cara Mengatasi Flu saat PMS
Search
Selasa 17 September 2019
  • :
  • :

Beda dengan Flu Biasa, Ini Cara Mengatasi Flu saat PMS

Starberita – Jakarta, Setiap bulannya perempuan akan mengalami masa menstruasi apabila tidak terjadi pembuahan di sel telur. Pada saat menstruasi terjadi, ada beberapa hal yang biasa dialami seperti perubahan mood, sakit kepala, kram perut, tubuh terasa lemas, hingga tidak sanggup untuk melakukan aktivitas. Tapi ternyata ada pula yang bisa mengalami flu.

Flu biasanya terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Namun, itu sebenarnya bukan flu seperti pada umumnya. Hanya saja, gejalanya memang mirip dengan flu seperti badan terasa lemah atau lemas, menggigil, merasa lebih lelah dari biasanya, sakit otot, mual, dan bahkan muntah. Kesamaan itu membuat flu ini disebut sebagai flu periode.

Lantas, bagaimana flu itu bisa terjadi? Berdasarkan penjelasan dalam sebuah situs, gejala flu yang terjadi sebelum menstruasi datang berkaitan dengan tubuh perempuan itu sendiri. Di dalam tubuh terdapat hormon prostaglandin yang akan dilepaskan sebelum periode menstruasi di mulai. Hormon itulah yang memicu terjadinya flu menstruasi. Prostaglandin juga ikut berperan ketika terjadi nyeri otot atau kram perut selama menstruasi.

Meskipun gejalanya hampir sama, flu menstruasi tidak bisa disembuhkan seperti flu pada umumnya. Flu tetap bisa terjadi walaupun sudah mengonsumsi obat-obatan pereda flu. Lantaran disebabkan oleh hormon, maka penyembuhannya pun harus menyesuaikan dengan kondisinya.

Beberapa dokter mungkin akan menyarankan pasien untuk menggunakan ibuprofen selama beberapa waktu sebelum menstruasi terjadi. Akan tetapi, ada pula yang menyarankan untuk menggunakan alat pengendali kelahiran. Selain itu, flu juga bisa sembuh dengan sendirinya sehingga pasien disarankan untuk menunggu hingga menstruasi selesai.

Apabila Anda termasuk perempuan yang pernah mengalami flu menstruasi dan dirasa hal itu menghambat aktivitas, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

Tak hanya flu menstruasi, beberapa hari sebelum menstruasi perempuan juga bisa mengalami Premenstrual Syndrome atau yang lebih dikenal dengan istilah PMS.

Biasanya pada saat sedang PMS perempuan cenderung lebih murah marah dan tersinggung. Tak hanya itu, ia pun akan mengalami nyeri payudara, peningkatan nafsu makan, dan lebih mudah untuk tidur. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: