Search
Rabu 3 Juni 2020
  • :
  • :

5 Minyak Esensial Ini Bisa Jadi Obat Sinusitis Alami

Starberita – Jakarta, Infeksi pada sinus biasanya menyebabkan penyumbatan dan menyulitkan untuk bernapas atau tidur. Kondisi ini juga biasanya menyebabkan tekanan yang menyakitkan di belakang mata. Minyak esensial tertentu dapat menjadi obat sinusitis alami untuk meredakan dan menghilangkan infeksinya.

Sekilas tentang sinus

Sinus adalah kantung atau rongga di organ atau jaringan manapun di dalam tubuh. Namun, istilah sinus paling sering digunakan untuk merujuk pada sinus paranasal, yaitu rongga udara di tulang tengkorak (tengkorak), terutama yang ada di sekitar hidung.

Hidung dan sinus menghasilkan sekitar satu liter lendir dan sekresi setiap hari. Lendir ini melewati hidung, mencuci serta membersihkan selaput dari partikel debu, bakteri, dan polutan udara. Sinus juga sangat memengaruhi nada dan kualitas suara. Namun, fungsi utamanya adalah menghasilkan lendir yang membersihkan dan melembabkan bagian dalam hidung Anda.

Organ yang satu ini memang rawan terhadap peradangan atau infeksi. Nah, radang atau infeksi pada sinus dikenal dengan istilah sinusitis (tapi penyebutannya sering disingkat menjadi sinus).

Berbagai minyak esensial untuk mengobati sinusitis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai minyak esensial tertentu yang dapat menghilangkan gejala sinusitis. Berikut beberapa minyak esensial yang dapat digunakan sebagai obat sinusitis alami:

1. Tea tree oil (Melaleuca Alternifolia)

Sebuah penelitian di tahun 2006 menemukan bahwa tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antiradang. Karena peradangan dan bakteri  di jaringan sinus sering menjadi penyebab penyumbatan, maka minyak ini dianggap mampu untuk meringankan gejalanya.

Aroma minyak yang dibuat melalui proses penyulingan serta penguapan tanaman asal Australia ini akan terasa segar, hangat, dan sedikit menyengat. Oleh karenanya, minyak ini dapat digunakan sebagai obat sinusitis alami.

2. Minyak eukaliptus (Eucalyptus Globulus dan Radiata)

Minyak eukaliptus dikenal sebagai obat dekongestan (pereda hidung tersumbat dan gangguan pernapasan atas) yang baik karena kandungan antibakteri dan antivirusnya yang cukup kuat. Biasanya minyak ini digunakan sebagai aromaterapi karena aromanya yang manis, segar, dan tahan lama.

Penelitian tahun 2009 menemukan bahwa cineole, yang merupakan komponen utama minyak ini, adalah pengobatan yang efektif dan aman untuk sinusitis yang tidak mengandung antibiotik.

Menurut National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA), 1,8 cineole membantu membersihkan udara bakteri dan mikroba lainnya. Hal ini juga dapat membantu membersihkan saluran nafas yang berlendir dan menjadi penekan batuk secara alami. Faktanya, banyak obat yang mengandung eukaliptus karena kandungan di dalamnya yang sangat bermanfaat.

Minyak ini bisa membantu mencegah serta menghilangkan gejala flu, sinusitis, dan bronkitis. Sifat antiradangnya ampuh meredakan pembengkakan pada bagian dalam hidup dan mengobati masalah pernapasan.

3. Minyak daun mint (Mentha piperita)

Senyawa utama dari minyak daun mint adalah menthol. Menthol menghasilkan sensasi dingin dan membantu melegakan napas. Minyak yang berasal dari tanaman asal Amerika ini memiliki aroma segar dan mint yang cukup tajam. Sifat dekongestannya membuat minyak ini menjadi salah satu pilihan untuk meredakan penyumbatan pernapasan, termasuk pada sinus.

Akan tetapi, karena sensasi dinginya yang cukup kuat, minyak ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak dengan usia di bawah tiga tahun.

4. Minyak rosemary (Rosmarinus Officinalis ct. Verbenon)

Minyak rosemary merupakan minyak yang memiliki kandungan hidrogen tertinggi dari semua minyak esensial yang membuatnya sangat menghangatkan. Minyak ini digunakan sebagai stimulan bagi kekebalan tubuh. Aromanya yang kuat, segar, dan menghangatkan membuatnya berfungsi untuk meringankan masalah pernapasan seperti bronkitis, sinusitis, serta flu.

Sifat mukolitik, dekongestan, dan ekspektorannya membuat minyak ini mampu meringankan lendir berlebih. Bagi Anda yang sedang hamil dan memiliki hipertensi (tekanan darah tinggi) atau gangguan kejang, hindari penggunaan minyak ini karena berpotensi memberikan efek yang tidak diinginkan.

Cara menggunakan minyak esensial untuk pengobatan

Cara terbaik untuk menggunakan minyak esensial untuk meredakan penyumbatan akibat infeksi sinus adalah dengan menghirupnya.  Anda bisa menghirup minyak dalam beberapa cara, di antaranya:

  • Menghirup uap dengan meneteskan minyak esensial ke dalam air panas. Cara ini sangat dianjurkan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. NAHA merekomendasikan untuk menambahkan tiga sampai tujuh tetes minyak esensial ke air mendidih dalam panci besar atau 1-3 tetes jika menggunakan mangkuk kecil. Gunakan handuk untuk menutupi kepala Anda, dan coba bernapas melalui hidung Anda maksimal selama dua menit. Pastikan untuk menutup mata saat melakukan prosedur ini agar uap aromatik dari minyak esensial tidak masuk ke mata Anda yang dapat menyebabkan iritasi.
  • Menghirup minyak esensial langsung dari botol. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak ke sapu tangan, kapas, atau tabung inhaleruntuk dihirup.
  • Tambahan beberapa tetes minyak esensial ke bak mandi Anda jika berencana menggunakannya sebagai aromaterapi.
  • Untuk pijat aromaterapi, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pada lotionatau minyak pijat favorit Anda.

Perlu diingat, minyak esensial sebagai obat sinusitis alami tidak boleh dioleskan langsung ke kulit Anda. Anda harus mencairkannya dengan bahan lain seperti minyak zaitun, minyak joboba, air, atau lotion. Menggunakannya secara langsung pada kulit dapat menyebabkan luka bakar, ruam, dan gatal.

Minyak esensial aman jika dihirup dalam dosis rendah dan periode singkat. Jika Anda menghirupnya dalam dosis tinggi dan dalam waktu lama, Anda mungkin mengalami pusing, sakit kepala, dan mual. Selain itu, minyak esensial tidak boleh tertelan karena mengandung senyawa kuat yang dapat menyebabkan efek samping yang beracun. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu penggunaan minyak esensial sebagai obat alami sinusitis pada dokter atau terapis kepercayaan Anda. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: