Search
Sabtu 8 Agustus 2020
  • :
  • :

Pemprovsu Gaet Djarum Foundation dalam Penghijauan KDT

Starberita – Medan, Pemerintah Provinsi Sumut menggandeng Djarum Foundation untuk turut terlibat dalam penghijauan kawasan Danau Toba (KDT).

“Diharapkan PT Djarum bisa ikut sama-sama menanam pohon di geoarea Kaldera Toba,” kata Wagubsu, Nurhajizah Marpaung, saat audiensi dengan perwakilan yayasan dari perusahaan sigaret tersebut, Selasa (6/1/2018) di Medan.

Menurut Nurhajizah, upaya penghijauan menjadi urgensi karena banyak hutan-hutan gundul, khususnya di sekitar Danau Toba.

“Pemerintah sedang membangun kawasan danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, khususnya di provinsi Sumatera Utara. Bahkan Danau Toba juga sudah dijadikan ikon Pariwisata nasional setelah Bali. Selain itu Pemprovsu juga sedang memenuhi seluruh rekomendasi UNESCO agar Gepark Kaldera Toba dapat masuk menjadi GGN UNESCO,” dia mengimbuhkan.

Kadis Kehutanan Provsu, Halen pada kesempatan itu juga menyampaikan, bila memungkinkan khususnya kepada Djarum Foundation untuk tahap awal ditanam disekitar Bandara Silangit. “Mulai dari Hutaginjang, Sipinsur hingga ke Humbang Hasundutan sangat memungkinkan untuk ditanami pohon,” ujar Halen.

Vice President Djarum Foundation, FX Supanji menyambut positif ajakan Pemprovsu. “Karena intensitas global warming semakin jelek. Dan ini tentunya tidak bisa terus dibiarkan.”

Dia melanjutkan, Djarum Foundation sendiri akan ikut berpartisipasi dengan menanam pohon-pohon di kawasan sekitar Danau Toba. “Upaya yang sama telah kami lakukan, seperti yang telah dilakukan pihaknya pada jalan tol trans Jawa dengan menanami pohon di pinggiran jalan tol.”

“Djarum Foundation sendiri nantinya akan mengadakan survei ke daerah-daerah sekitar Danau Toba untuk nantinya bisa ikut membangun penghijauan. Lebih jauh bila memungkinkan kita akan ikut menghijaukan sekitar jalan tol trans Sumatera yakni Kualanamu-Tebing Tinggi,” sebutnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: