Search
Senin 10 Agustus 2020
  • :
  • :

Tanaman Ini Bisa Ringankan Sakit Asma

Starberita – Jakarta, Asma merupakan jenis penyakit kronis atau jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan juga penyempitan saluran napas yang menyebabkan sesak atau susah bernapas.

Selain susah bernapas, penderita asma juga dapat mengalami gejala lain seperti mengi, nyeri dada dan batuk-batuk. Asma dapat diidap oleh semua golongan usia baik muda ataupun tua.

Untuk mengatasinya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan salah satunya memanfaatkan kecubung. Tanaman yang tergolong sebagai tanaman perdu ini, bisa digunakan untuk meringankan sakit asma.

Cara Mengobati Asma dengan Kecubung

Menurut dr. Setiawan Dalimartha seorang ahli tanaman obat, zat aktif dalam kecubung yang diketahui memiliki manfaat meringankan sakit asma adalah hipociamin dan skopolamin (alkaloid).

Kedua zat aktif ini diketahui bisa memperlebar kembali saluran pernapasan yang menyempit akibat serangan asma. Diketahui, senyawa alkaloid ini tersebar di seluruh bagian tanaman kecubung mulai dari akar‚ tangkai‚ daun‚ bunga‚ buah dan bijinya. Tapi konsentrasi terbesar dari senyawa ini bisa ditemukan pada akar dan juga bijinya.

Nah untuk obat asma, bagian tanaman kecubung yang dapat dimanfaatkan adalah daun dan bunganya. Berikut adalah cara memanfaatkan tanaman kecubung sebagai obat asma.

  • Siapkan10 gram bunga atau 10 lembar daun tanaman kecubung lalu keringkan beberapa saat dibawah terik matahari.
  • Setelah mengering, gulung  bunga atau daun tanaman kecubug hingga menjadi lintingan kecil menyerupai rokok.
  • Bakar sedikit bagian ujung lintingan bunga dan daun kecubung.
  • Hirup asap yang keluar dari hasil membakar lintingan bunga atau daun tanaman kecubung.

Yang harus Anda perhatikan, jangan gunakan obat ini lebih dari dua linting dalam waktu 6 jam. Karena tanaman kecubung bisa memunculkan efek ketagihan yang kuat sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa sangat berbahaya.

Nah seperti itulah Cara Mengobati Asma dengan Kecubung. Cukup mudah bukan? Bunga atau daun kecubung tidak perlu Anda konsumsi seperti menghisap rokok melainkan hanya menghirup asap yang dikeluarkan dari proses pembakaran bunga atau daun tanaman kecubung. Semoga bermanfaat. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: