Search
Jumat 19 Oktober 2018
  • :
  • :

Hati-hati, Kebiasaan Ini Tingkatkan Resiko Diabetes

Starberita – Jakarta, Konsumsi makanan sehat secara rutin adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kronis. Nah, diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang biasanya datang karena pola makan yang tidak sehat.

Aturan dasar agar Anda tidak terkena penyakit diabetes tipe 2 adalah makan dengan benar, rajin dalam beraktivitas fisik dan pertahankan berat badan yang sehat. Namun, sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa hal aneh yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes.

Terdapat beberapa hal yang sering Anda lakukan namun justru dapat meningkatkan atau mengurangi risiko diabetes. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut berikut ulasannya.

  1. Jangan Kurangi Konsumsi Gluten

Orang yang rutin mengonsumsi gluten mempunyai risiko 13% lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan penyakit diabetes dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya. Untuk membuktikannya, sebuah studi pun dilakukan oleh Amerika Heart Association yang melibatkan hampir 200.000 orang dewasa.

Pendidik diabetes bersertifikat, Deborah Malkoff, MS, RDN berkata, “Diet serat tinggi sering dikaitkan dengan peningkatan sensivitas insulin, peradangan berkurang, tekanan darah rendah, dan kolesterol.” Hal tersebut bisa terjadi karena orang yang menghindari gluten cenderung makan lebih sedikit biji padi kaya serat yang berperan penting dalam menurunkan risiko diabetes.

  1. Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu Sendiri

Menurut BMC Public Baru, wanita berusia 40-75 tahun yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan sosial berisiko 112% lebih mungkin terkena diabetes dibanding mereka yang memiliki jaringan sosial yang luas.

Seorang ahli endokrinologi Banner University Medical Center di Phoenix juga mengatakan bahwa orang-orang yang mengisolasi diri dari keluarga dan teman cenderung mengalami depresi yang merupakan faktor utama penyakit diabetes.

  1. Jangan Kurangi Konsumsi Kopi

Orang yang mengurangi konsumsi kopi lebih dari satu cangkir per hari selama periode empat tahun, 17% lebih mungkin terkena diabetes dibandingkan mereka yang tidak melakukan pengurangan jumlah konsumsi kopi. Sebuah penelitian Harvard baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka yang menambahkan cangkir tambahan dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 11%.

Para ahli tidak sepenuhnya memahaminya, namun tampaknya kopi berguna dalam meningkatkan kadar gula dalam darah. Hanya saja jangan tambahkan gula atau pemanis buatan lainnya.

  1. Menggunakan Obat Kumur

Menurut studi dari University of Alabama mengungkapkan bahwa mereka yang menggunakan obat kumur dua kali dalam sehari dapat meningkatkan diabetes tipe 2 sebanyak 55% dibanding yang tidak menggunakannya sama sekali. Kandungan obat kumur yang dianggap baik justru dapat menyebabkan bakteri baik dalam mulut mati dan tidak bisa bekerja melawan bakteri jahat lainnya.

  1. Terlalu Banyak Makan Garam

Kelebihan konsumsi sodium bisa membuat Anda cenderung mengalami kelebihan berat badan atau mengalami hipertensi. Terlalu banyak mengosumsi makanan yang mengandung garam dapat memiliki dampak langsung pada resistensi insulin.

Sebenarnya, setiap tambahan 1.000 mg sodium dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 43%. American Heart Association merekomendasikan untuk menjaga asupan sodium di bawah 2.300 mg setiap hari namun jika menguranginya sampai di bawah 1.500 mg akan lebih baik lagi. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: