Search
Jumat 19 Oktober 2018
  • :
  • :

Ini Manfaat Kesehatan dari Minyak Almond

Starberita – Jakarta, Almond adalah makanan yang memuaskan dengan banyak potensi manfaat kesehatan. Minyak yang berasal dari kacang pohon yang lezat ini biasa digunakan sebagai ramuan alami untuk perawatan kulit dan rambut, namun hanya sedikit orang yang menyadari bahwa itu mungkin juga baik untuk kesehatan Anda. Artikel ini mengungkap bagaimana minyak almond dapat memberi manfaat bagi kesehatan Anda.

Apa itu minyak almond?

Almond adalah biji edible dari pohon Prunus dulcis, lebih dikenal sebagai pohon almond. Meskipun kacang almond sering disebut sebagai kacang, mereka sebenarnya adalah benih yang ditemukan di tengah buah almond, yang sangat menyerupai buah persik. Almond bisa dikonsumsi utuh, digiling menjadi tepung dan bahkan dibuat menjadi seperti susu. Mereka sangat kaya akan lemak, menjadikannya sumber minyak yang sempurna.

Almond manis adalah varietas yang biasanya dimakan dan biasa dibuat makanan, minyak serta kosmetik. Sementara itu, kacang almond pahit diyakini memiliki khasiat obat, meski bisa menjadi racun jika tidak diproses dengan benar. Apalagi mereka tidak banyak tersedia

Minyak Almond yang dimurnikan vs tidak dimurnikan

Setelah panen, kacang almond dikuliti dan dikeringkan sebelum metode yang berbeda digunakan untuk mengekstrak minyak mereka. Minyak almond dimurnikan diekstraksi dari kacang almond dengan menggunakan pengolahan dan bahan kimia dengan kadar tinggi. Metode ini secara negatif mempengaruhi nilai gizi minyak, karenanya banyak nutrisi yang ditemukan dalam minyak mentah almond hancur selama perlakuan panas tinggi atau kimiawi.

Sementara metode ini menghasilkan minyak yang kurang bergizi, minyak almond halus dapat menahan suhu yang jauh lebih tinggi dan lebih murah daripada jenis yang tidak dimurnikan, menjadikannya pilihan yang lebih hemat biaya bagi konsumen.

Minyak almond yang tidak dimurnikan dibuat dengan cara menekan kacang almond mentah tanpa menggunakan zat panas atau bahan kimia yang tinggi.

Proses panas rendah ini membantu minyak almond mempertahankan sebagian besar kandungan nutrisinya, membuat minyak almond yang tidak dimurnikan menjadi pilihan yang lebih baik untuk keperluan kuliner.

Nutrisi Minyak Almond

Meskipun minyak almond tidak kaya akan nutrisi seperti kacang almond utuh, namun memiliki kelebihan gizi.

Berikut adalah rincian gizi 1 sendok makan (14 gram) minyak almond:

  • Kalori: 119
  • Total lemak: 13,5 gram
  • Lemak jenuh: 1,1 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 9,4 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 2,3 gram
  • Vitamin E: 26% dari RDI
  • Fitosterol: 35,9 mg

Minyak almond adalah sumber vitamin E yang sangat baik dan mengandung sejumlah kecil vitamin K. Sebagian besar manfaat kesehatan yang terkait dengan minyak almond berasal dari jumlah lemak sehatnya yang tinggi.

Potensi Manfaat Kesehatan Minyak Almond

Seluruh kacang almond dianggap membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta membantu penurunan berat badan, minyak almond juga mungkin baik untuk kesehatan Anda.

Faktanya, minyak almond telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan potensial, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menstabilkan kadar gula darah. Nah, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa di dapat dari minyak almond:

  • Dapat membantu menjaga jantung tetap sehat
  • Kandungan tinggi Antioksidan
  • Sebagai pengontrol gula darah
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Bermanfaat dalam kecantikan

Kesimpulan

Minyak almond adalah lemak serba guna yang bisa dijadikan makanan atau produk kecantikan alami. Minyak almond dapat meningkatkan kesehatan jantung, menstabilkan kadar gula darah, mencegah kerusakan radikal bebas dan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Terlebih lagi, minyak ini membuat pelembab yang sangat baik untuk kulit dan rambut, dan bahkan membantu mencegah stretch mark serta melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Minyak almond yang tidak dimurnikan mempertahankan lebih banyak nutrisi daripada minyak almond olahan dan lebih baik untuk keperluan kuliner. Pastikan Anda tidak memanaskannya, karena hal itu akan menghancurkan beberapa nutrisinya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: