Search
Sabtu 23 Juni 2018
  • :
  • :

Buah dari Tanaman Ini Bisa Sembuhkan Sakit Pinggang

Starberita – Jakarta, Buah takokak merupakan buah yang populer akan khasiatnya sebagai tanaman herbal untuk alternatif pengobatan. Buah berwarna hijau dengan ukuran yang kecil juga bulat ini memiliki pohon yang berduri dengan rasa buah yang cukup pahit. Takokak ini jenis buah yang lebih cocok untuk diolah dibanding dikonsumsi langsung karena rasanya yang pahit.

Namun, siapa sangka buah takokak mengandung banyak nutrisi yang baik dalam dunia kesehatan tubuh, salah satunya mengatasi sakit pinggang. Dimana setidaknya mengandung cukup banyak solasonin, vitamin A, torgovenin, sisalogenone dan chlorogenin.

Masalah sakit pinggang bisa menyerang siapapun tanpa pandang bulu bahkan kebanyakan kondisi ini sering dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut ataupun setengah baya. Hal ini bisa terjadi karena adanya penurunan terhadap kemampuan dan fungsi otot-otot sendi dan tulang.

Biasanya orang berusia 30 hingga 50 tahun banyak yang mengeluh gangguan sakit pinggang. Sebenarnya tak hanya orang tua saja, bahkan usia muda juga bisa mengalami sakit pinggang yang disebabkan posisi duduk tidak benar, terlalu sering mengangkat beban berat, posisi tidur yang salah dan juga beragam penyebab lainnya.

Keluhan satu ini memang bisa merusak kenyamanan dan mengganggu aktivitas maupun cedera tertentu. Bahkan sesuai waktu lamanya, sakit pinggang dapat dikategorikan ke dalam 3 tahap, diantaranya :

  • Sakit pinggang akut
  • Sakit pinggang sub akut
  • Sakit pinggang kronis

Adapun gejala sakit pinggang secara umum dapat dirasakan oleh penderitanya yaitu rasa nyeri yang menusuk hingga mati rasa dengan disertai gejala lainnya seperti diare, demam, lemas, hingga merasakan sakit saat batu atau berkemih.

Tahukah anda, buah takokak ini mirip dengan buah leunca yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit pinggang. Caranya cukup mudah anda sediakan 100 gram buah takokak, 10 gram adas, 30 gram rambut jagung dan 200 gram jahe merah serta 600 ml air. Lalu, didihkan semua bahan tadi hingga tersisa setengahnya dan minum ramuan tersebut secara rutin.

Meski saat ini banyak masyarakat yang mengatakan khasiat buah takokak untuk mengatasi sakit pinggang baik. Tetapi, hingga saat ini belum ada bukti secara ilmiah yang menunjukan bahwa kebenaran pada pernyataan tersebut. Sehingga pengobatan sakit pinggang dengan buah takokak jelas masih sangat diragukan.

Belum lagi dalam tahap proses pengolahan yang tidak tepat, ditakutkan hanya akan mempeburuk kondisi kesehatan. Sehingga memicu komplikasi bahaya penyakit serius lainnya, maka dari itu melakukan pengobatan yang tepat sangatlah dibutuhkan dan bisa menjamin kesembuhan bagi penderita sakit pingang. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: