Search
Selasa 19 Juni 2018
  • :
  • :

Beras Merah vs Beras Putih, Mana Lebih Sehat?

Starberita – Jakarta, Tak lengkap jika belum makan nasi. Ungkapan tersebut sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Nasi memang makanan utama, namun sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa nasi putih ternyata tidak memiliki ragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ahli teknologi pangan, Prof Rindit Pambayun, mengungkapkan beras yang melalui proses 80 persen penggilingan akan kehilangan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, sehingga yang tersisa hanya bagian ‘endosperm’ dengan kandungan karbohidrat hingga 70 persen. Sehingga, mengonsumsi nasi dengan porsi berlebih cenderung meningkatkan potensi diabetes.

Berbeda dengan beras putih, beras merah mulai banyak diminati masyarakat sebagai alternatif menjaga kesehatan. Beras merah memiliki kadar karbohidrat lebih rendah. Namun bagaimana dengan nutrisinya?

Selain masalah memilih beras yang baik untuk kesehatan, topik lain yang dibicarakan adalah soal makanan mentah.

Belakangan muncul tren mengonsumsi ‘Raw Food’, tren ini hadir sejalan dengan perilaku hidup sehat. Sederet selebriti memposting kegiatan mereka mengonsumi ‘Raw Food’ sebut saja Sofie Navita, Hughes, hingga penyanyi senior Titi DJ.

Diet makanan mentah atau raw food adalah diet yang dilakukan dengan hanya mengkonsumsi makanan mentah, atau makanan yang melalui sedikit proses pengolahan.

Hal ini dikarenakan panas yang melebihi 40 derajat Celcius disinyalir dapat menghancurkan enzim penting yang dapat membantu tubuh dalam proses pemecahan nurtrisi.

Melakukan diet raw food dipercaya dapat meningkatkan pencernaan sehingga makanan dapat lebih mudah diserap tubuh, dan membantu  mengurangi risiko munculnya penyakit-penyakit degeneratif seperti penyakit kanker juga jantung. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: