Search
Senin 22 Oktober 2018
  • :
  • :

Danau Toba Salah Satu Prioritas KSPN

Starberita – Kabanjahae, Bupati Karo, Terkelin Brahmana mengatakan, Danau Toba adalah salah satu prioritas Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat karena memiliki beberapa tempat paling indah dan ikonik di dunia.

“Termasuk Kabupaten Karo salah satinya masuk didalamnya yaitu daerah Tongging yang terletak dipinggiran kawasan Danau Toba,” ujar Terkelin di sela rapat kordinasi pembahasan perkembangan KSPN Danau Toba yang dibuka Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Institut Teknologi Del, Sitoluama Lagu Boti, Balige Kabupaten Tobasa, kemarin.

Dia menjelaskan, pendapatan daerah dan masyarakat di semua daerah seputaran Danau Toba otomatis akan meningkat. Mulai dari home stay, restoran, cafe, agen perjalanan, industri rumah tangga, pasar seni dan kerajinan khas, agro wisata hingga rental sepeda, motor dan mobil dan lain lain.

“Inilah salah program Pemerintah Pusat karena melihat bahwa KSPN sebagai tempat ideal mengembangkan bisnis sektor pariwisata lokal dengan dana pihak ketiga. semuanya akan berdampak positif memajukan perekonomian sekawasan Danau Toba, termasuk Kabupaten Karo,” ujarnya.

Luhut, selaku Ketua Dewan Pengarah BPODT, membahas berbagai permasalahan di sekitar pembangunan kawasan wisata tersebut dan pemecahannya. “Kawasan Danau Toba yang telah menjadi prioritas Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) menjadi perhatian pemerintah untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata bertaraf internasional. “Pemerintah mendorong pariwisata sebagai industri yang banyak membuat lapangan kerja dengan cost paling rendah tapi return yang paling tinggi.”

Sementara Arief Yahya mengatakan, kesiapan pemerintah daerah dan para bupati dibutuhkan untuk menerima kunjungan wisatawan, khususnya di Danau Toba yang sudah menjadi salah satu destinasi prioritas.

“Pada tahun 2019 berharap bisa mendatangkan 20 juta wisatawan. Dari jumlah ini pasti ada yang berkunjung ke Danau Toba,” ujar Menpar Arief Yahya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: