Search
Jumat 20 Juli 2018
  • :
  • :

Penyaluran Program BNPT Masih Menunggu Keputusan Pemprovsu

Starberita – Panyabungan, Kabag Perekonomian Mandailing Natal, Herman Gaffar menyampaikan pihaknya belum bisa menjalankan Penyaluran Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT) di kabupaten tersebut.

“Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT) adalah program pusat sebagai penganti beras sejahtera (rastra). Namun Hingg saat ini belum sampai ke Madina karena Juklak dan Juknis Bnpt ini masih menunggu persetujuan rapat di provinsi,” kata Herman membeberkan faktor penyebab.

Sebagaimana diketahui, Rastra atau beras raskin yang disalurkan kepada masyarakat miskin hanya dalam bentuk beras saja sebanyak 15 kg per kepala keluarga. Sementara dalam program BNPT ini, selain beras sebanyak 10 kg untuk sisanya yang 5 kg lagi bisa ditukarkan dengan bentuk minyak goreng, tepung dan telor.

“Hal itu dilakukan sesuai dengan arahan dari Bulog hingga bulan pebruari 2018 di Sumatera Utara. Dan saat ini baru empat kabupaten/kota yang baru dapat melaksanakan program BNPT tersebut,” imbuhnya.

Dia menambahkan, sebagai informasi buat masyarakat, sebelum bulan Juni mendatang masyarakat masih bisa menerima berbentuk Rastra. Kemudian untuk seterusnya nanti akan berlaku program BNPT (diterapkan).

Herman mengatakan, terkait data penerima BNPT ini masih sama dengan data penerima Rastra sebelumnya yakni sebanyak sekitar 26 ribu lebih. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: