Search
Jumat 19 Oktober 2018
  • :
  • :

Pemkab Deli Serdang & Kementan Jalin Kerjasama Inovasi Pertanian

Starberita – Lubuk Pakam, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menjalin kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian RI. Kolaborasi tersebut meliputi penelitian, pengembangan dan inovasi pertanian.

Kesepakatan Kerjasama ditandatangani Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dengan Kabalitbangtan, M Syakir pada Desember 2017 lalu.

Demikian disampaikan Syakir dalam sambutannya disampaikan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Balitbangtan RI, Atin Priyanti Sudarjo Putri saat penyerahan nota kesepakatan dari Balitbang kepda pemkab Deliserdang yang diterima Asisten II Saadah Lubis mewakili bupati Ashari Tambunan, di Aula Cendana kantor bupati setempat d lubuk pakam, kemarin.

Turut hadir Kabid Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Litbang Horti DR Idha Widi Arsanti,SP,MP dan Kaloka Penelitian Kambing Sungai Putih DR Ir Simon Elieser MSc.

Kabalitbangtan RI juga menyatakan rasa bangga bergandeng tangan dengan Pemkab Deli Serdang untuk mengembangkan penelitian dan pembangunan pertanian serta mendiseminasikan hasil-hasil inovasi teknologinya yang salah satu pengembangan utamanya di tahun 2018 adalah pengembangan inovasi bibit unggul kambing Boerka hasil inovasi loka penelitian kambing potong yang menjadi salah satu andalan dari Balitbangtan .

Ashari melalui Asisten II H Saadah Lubis menjelaskan, Deli Serdang sebahagian besar wilayahnya merupakan areal pertanian dengan luas persawahan mencapai 40,716 Ha, jumlah kelompok tani sebanyak 1.966 kelompok dan merupakan salah satu lumbung pangan di provinsi Sumatera Utara dengan produksi beras sebesar 307,858 ton.

Sementara kebutuhan beras sebesar 264,216 ton , sehingga surplus sebesar 43,642 ton serta memiliki produktivitas persawahan sebesar 59,59 kwintal per hektar yang melampaui rata-rata produktivitas Nasional.

Deli Serdang memiliki beberapa komoditi holtikultura unggulan seperti durian, pisang barangan, pisang kepok kuning, belimbing, jambu biji Deli, salak, mangga yang telah terdaftar di Kementerian Pertanian RI. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: