Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ini 3 Penyebab & Tips Mengatasi Kuku Kaki Menebal
Search
Rabu 16 Oktober 2019
  • :
  • :

Ini 3 Penyebab & Tips Mengatasi Kuku Kaki Menebal

Starberita – Jakarta, Beberapa waktu belakangan Anda mungkin menyadari bahwa kuku kaki Anda tampak lebih tebal, keras, dan lebih pucat dari biasanya. Sebenarnya penebalan kuku kaki adalah hal yang wajar. Kuku kaki menebal adalah salah satu “efek samping” dari penuaan. Meski begitu, kuku kaki yang menebal juga bisa menandakan suatu penyakit tertentu. Berikut info lengkapnya

Mengapa kuku kaki menebal?

Kuku adalah bagian tubuh yang terbuat dari keratin, yaitu sejenis protein yang juga terkandung di dalam rambut Anda. Setiap kuku mulai bertumbuh dari matriks kuku, sebuah kantong kecil yang berada di bawah kulit. Selama ada suplai darah dan nutrisi yang cukup, matriks kuku akan terus-menerus membuat sel kuku (onkosit) baru dan mendorong sel kuku yang lebih tua ke atas dan keluar ke arah ujung jari.

Seiring bertambahnya usia, pertumbuhan dan tingkat perbaikan sel menjadi lebih lambat. Ini menyebabkan terjadinya penumpukan onkosit di lenpeng kuku, yang membuat kuku tampak menebal. Meski begitu, penebalan kuku akibat penuaan lebih umum tampak pada kuku kaki. Pasalnya, kuku tangan bisa tumbuh tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki sehingga risiko penebalannya lebih kecil daripada kuku kaki.

Penyebab kuku kaki menebal selain karena penuaan

Selain terjadi secara alami akibat bertambahnya usia, kuku kaki menebal bisa menjadi pertanda ganggian kesehatan tertentu yang memerlukan pengobatan medis. Berikut penjelasannya:

Infeksi jamur

Infeksi jamur kaki alias onkomikosis adalah penyebab tersering dari menebalnya kuku kaki, selain akibat penuaan. Kuku kaki rentan jamuran ketika kaki jarang terpapar oleh matahari atau udara segar karena hampir selalu tertutup sepatu atau kaus kaki. Jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab.

Selain itu, kebiasaan nyeker alias berjalan tidak pakai alas kaki atau menggunakan obat-obatan yang dapat menurunkan kekebalan tubuh juga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur pada kuku kaki.

Trauma

Ketika kaki terbentur atau tertindih benda keras atau mengalami cedera jatuh saat olahraga, hal ini dapat menyebabkan trauma yang dapat menghambat pertumbuhan kuku kaki. Trauma atau cedera pada kuku kaki membuat lempeng kuku jadi mudah menebal dan mengeras. Sering menggunakan sepatu yang sempit juga bisa mengakibatkan trauma pada kuku.

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengakibatkan kulit menjadi kering bersisik dan bengkak kemerahan. Psoriasis juga dapat memengaruhi pertumbuhan kuku tangan dan kaki jadi menebal.

Cara aman untuk merawat kuku kaki yang menebal

  • Rendam kaki dengan air hangat selama 10 menit, lalu keringkan dengan baik
  • Dengan pemotong kuku ukuran kecil, potong lurus di bagian atas kuku kaki agar kuku tidak pecah dan dapat menyebabkan infeksi.
  • Jangan memotong kuku kaki terlalu dalam untuk menghindari terjadinya luka.
  • Kikir kuku dengan lembut utuk menghilangkan bagian kuku yang tajam.

Mencegah terjadinya penebalan kuku kaki

Penebalan kuku yang terjadi akibat infeksi jamur atau trauma dapat dicegah dengan beberapa tips berikut ini:

  • Jaga agar kaki Anda tetap bersih dengan mencucinya pakai sabun dan air secara teratur. Keringkan dengan handuk sesudahnya.
  • Ganti kaus kaki Anda beberapa kali sehari. Sebaiknya kenakan kaus kaki berbahan katun yang dapat menyerap keringat.
  • Gunakan sepatu yang sesuai ukuran.
  • Menggunakan bedak kaki untuk menjaga kaki tetap kering.
  • Pakailah sandal jepit saat Anda berada di kolam renang atau tempat yang becek. Jangan nyeker.
  • Potong kuku kaki dengan benar dan pastikan alat pemotong kukunya bersih.
  • Berhati-hati saat melakukan olahraga atau membawa benda-benda berat supaya tidak jatuh mengenai kuku kaki.
  • Kurangi penggunaan sepatu high heels yang bisa membuat Anda jatuh dan melukai kaki Anda. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: