Search
Jumat 19 Januari 2018
  • :
  • :

Bupati: Proyek Pelebaran Jalan di Karo Dukung Pembangunan KSN

Starberita – Kabanjahe, Bupati Karo, Terkelin Brahmana memperkirakan pelebaran jalan jalan Kabanjahe – Simpang Ujung Aji, Berastagi akan tuntas tahun 2018 ini. Menurutnya, pencapaian ini mendukung pembangunan infrastruktur menuju kawasan strategis nasional (KSN) di luar lingkar Danau Toba.

“Kami sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat, dengan suka rela dan ikhlas lahannya untuk pembangunan pelebaran jalan, tanpa harus minta ganti rugi. Hal ini merupakan bentuk peran serta warga untuk memperlancar pembangunan daerah yang kita cintai ini,” ucapTerkelin di Kabanjahe, kemarin.

Dia menjelaskan, Pemkab Karo juga telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat rencana peningkatan pembangunan dan pembukaan jalan tembus antar kabupaten yang dinilai sebagai penunjang destinasi Danau Toba berskala internasional. “Sehingga memperpendek jarak tempuh Medan-Tanah Karo. Mudah-mudahan semuanya terealisasi di tahun 2018.”

Terkelin mengatakan, pihaknya mendorong destinasi Tanah Karo menjadi salah satu pintu gerbang memasuki wilayah Danau Toba. “Hal ini didukung keberadaan bandar udara Kuala Namu, beberapa rencana telah disampaikan kepada presiden. Peningkatan jalan nasional Kabanjahe – Berastagi tersebut juga sebagai tindak lanjut usulan Pemkab Karo sebelumnya ke Kementerian PUPR di Jakarta.”

Proyek pelebaran jalan nasional jurusan Kabanjahe-Berastagi, tahap pertama sepanjang 2,3 km sudah tuntas. Semula lebar jalan direncanakan 24 meter, akhirnya berubah men­jadi 20 meter. Karena banyaknya protes dari masyarakat ketika itu, sehingga diputuskan lebar dari 24 meter menjadi 20 meter dan panjang yang semula 1,8 km berubah men­jadi 2,3 km dengan ang­garan dari APBN 2017 sebesar Rp 32 miliar. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan