Search
Kamis 26 April 2018
  • :
  • :

Bupati Karo Sesalkan Bantuan bagi Pengungsi Sinabung ‘Menumpuk’ di BPBD

Starberita – Kabanjahe, Bupati Kabupaten Karo, Terkelin Brahmanaa menyesalkan bantuan untuk pengungsi Sinabung “menumpuk” di gudang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hal itu terungkap saat Bupati Karo sidak ke gudang BPBD, kemarin.

Dalam sidak tersebut Bupati Karo Terkelin Brahmana mengecek semua barang – barang yang ada dalam gudang penyimpanan BPBD Karo tersebut dan mempertanyakan kepada Kasilogistik BPBD Karo, Panji Surianta.

Terkelin didampingi Asisten tiga Setdakab Karo Mulianta Tarigan dan Kepala Bappeda, Nasib Sianturi MSi, sangat kecewa, bantuan ditumpuk di gudang. Padahal warga pengungsi sangat membutuhkan disaat Natalan dan jelang tahun baru kemarin.

Terkelin menegaskan, seharusnya barang-barang ini secepatnya disalurkan dan bagikan kepada pengungsi korban erupsi Sinabung dan jangan dilama lamakan berada di gudang, karena masyarakat pengungsi yang tinggal di Huntara terlebih di desa Ndokum Siroga dan Terong Peren sangat membutuhkannya untuk keperluan hidupnya.

“BPBD Karo seharusnya tanggap dan peka akan kebutuhan pengungsi, ini malah ada bantuan tapi “disimpan” di gudang, kenapa dilama-lamakan?” kecam Terkelin.

Saat itu juga, Terkelin meminta Kasilog BPBD segera memberikan laporan kepadanya, terkait administrasi tentang barang-barang bantuan yang ada dan apa saja bentuknya, selanjutnya dari mana saja, siapa yang memeberikan bantuan dan beraapa jumlahnya, ini perlu sebagai arsip adminitrasi dikemudian hari agar tidak ada masalah, hingga semuanya clear and clean, lontarnya.

Kasilogistik BPBD Karo Panji Surianta, mengungkapkan tentang barang-barang yang ada ditumpuk di gudang tersebut adalah bantuan dari dinas ketahanan pangan dan peternakan propinsi Sumatera Utara. “Logistik ini berupa beras kuku balam @ 10 kg jumlah 250 goni/karung,gula pasir sebanyak 300 kg, minyak goreng @2 liter sebanyak 350 sachet, mie instan 250 kotak, ikan kaleng 425 gram sebanyak 350 kaleng,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihak BPBD Karo akan segera menindaklanjuti perintah Bupati secepat mungkin. “Semua barang-barang tersebut rencananya akan kami salurkan pada hari Sabtu ini (6/1) ke Huntara yang berada di desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat yaitu masyarakat desa Pintu Besi, desa Kuta Tengah, desa Jeraya dan di Terong Peren untuk masyarakat desa Mardinding, semuanya yang mendapatkan penyaluran tersebut 348 kk/4 posko yanng meliputi 4 desa.” (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan