Search
Jumat 5 Juni 2020
  • :
  • :

Ladies, Rajin Jalan Santai Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan Loh

Starberita – Jakarta, Banyak orang yang membuat resolusi di tahun baru ini dengan gaya hidup yang lebih sehat. Merencanakan kehamilan juga dilakukan kebanyakan wanita dengan cara mempertahankan hidup sehat secara fisik dan mental.

Nah, dalam menerapkannya Anda perlu menanyakan tips yang tepat kepada dokter yang bersangkutan. Beberapa tips ini bisa para wanita ikuti untuk menjaga kesuburan tetap sehat. Berikut tips dari Dr. Shobha Gupta, Direktur Medis dan Spesialis IVF dari Pusat Lap IFV dan Dr. Shweta Goswami, Ahli Ginekologi dan IVF dari Rumah Sakit Jaypee tentang cara meningkatkan kesuburan pada wanita. 

Makan Teratur dan Benar

Terlalut larut sarapan dan saat malam hari dapat membuat pencernaan menjadi sakit. Sangat penting bagi Anda para wanita untuk melakukan diet seimbang yang penuh dengan mulitivitamin dan mineral. Vitamin C sangat penting bagi Anda yang merencanakan kehamilan. Protein dalam makanan yang Anda makan juga harus tercukupi guna menjaga keseimbangan gula dalam darah. Konsumsi lebih banyak salad dan buah bisa menjadi solusi asupan makanan Anda.

Sering Berjalan santai

Berjalan merupakan latihan pra-konsepsi yang ideal untuk Anda yang memiliki kesibukan bekerja setiap hari di tempat duduk. Sering berjalan santai juga dapat menjadi latihan kardiovaskular yang tepat karena memberikan waktu rileks pada kaki, punggung, dan perut Anda. Untuk meningkatkan kesuburan, para wanita disarankan untuk berjalan-jalan santai di pagi dan sore hari. 

Mencari Tempat Tenang

Salah satu tips lain untuk menjaga kesuburan Anda adalah dengan mencari tempat tenang yang jauh dari gangguan. Bersihkan pikiran Anda dan fokus pada pernapasan selama 10-20 menit. Mengatur pernapasan setiap hari diyakini dapat menjadikan tubuh beristirahat secara fisik dan mental. Mendengarkan beberapa suara seperti gerakan laut, air terjun, dan suara hutan hujan bisa berdampak dalam menghilangkan stress Anda.

 

Batasi Penggunaan Laptop, Komputer, dan Handphone

Radiasi yang berasal dari perangkat elektronik ini diyakini dapat merugikan kesuburan Anda. Jangan sering menggunakannya apalagi saat malam hari, karena radiasi yang diciptakan pada saat malam lebih besar. Gantilah kegiatan sebelum tidur Anda dengan hal lain seperti membaca buku.

Ketahui Jam Biologis Anda

Memeriksa jam biologis sangat diperlukan karena seiring bertambahnya usia, jam biologis kehamilan seorang wanita berbeda-beda. Dr. Shobha Gupta berkata, “Wanita paling subur pada saat awal usia 20-an dan kesuburan mereka menurun seiring bertambahnya usia. Usia 35 menjadi usia yang paling suram untuk tingkat kesuburan yang dimiliki wanita. Untuk itu, membuat keputusan untuk hamil di usia muda bisa menjadi keputusan yang baik,” katanya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: