Search
Rabu 12 Agustus 2020
  • :
  • :

Warga Medan Labuhan Keluhkan Banjir Rob & Jalan Rusak

Starberita – Medan, Warga Kecamatan Medan Labuhan meminta Pemerintah untuk segera menangani masalah banjir rob yang sering terjadi di wilayah kampung nelayan. Pasalnya, didaerah ini ada Sekolah Dasar Terapung yang setiap banjir rob selalu tergenang. Tidak hanya itu, sekolah ini juga selalu tergenang jika banjir yang disebabkan hujan mengguyur.

Hal ini disampaikan salah seorang warga Syahrial saat Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Fraksi Partai NasDem, HM Nezar Djoeli di Sekolah Dasar Terapung, Kepung Nelayan, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, kemarin.

Hadir juga dalam reses tersebut Perwakilan Dinas Sosial Kota Medan, BPJS, Dinas Pendidikan Kota Medan, Mewakili Camat Labuhan, Zainal, Lurah Nelayan Indah, Budiman Pane, Kepala Sekolah SD Terapung dan Dinas Kesehatan Kota Medan.

Saat Nezar tiba, halaman SD Terapung terlihat sudah digenangi air setinggi mata kaki disebabkan hujan yang mengguyur.

Hal yang sama juga dikatakan salah seorang Guru SD Terapung, Ade Fitri yakni sekolah ditempat ia mengajar selalu ditemani banjir ketika banjir rob dan hujan turun. “Bahkan jika terjadi banjir rob, ketinggian air yang menggenang sekolah ini bisa mencapai 1 meter dan siswa terpaksa diliburkan,” katanya.

Sementara salah seorang warga lainnya, Ibrahim meminta agar Anggota DPRD Sumut Nezar Djoeli segera mendesak Pemerintah Kota Medan untuk memperbaiki Jalan Pulau Bangka Yang berada di Lingkungan 3, Keluraha. Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan yang kondisinya sudah babak belur dan selalu banjir jika hujan mengguyur Kota Medan.

Saat ini, menurut Ibrahim, warga sudah melakukan penimbunan secara swadaya agar banjir tidak terlalu tinggi menggenangi jalan ketika hujan turun. Namun, hal ini dikhawatirkan tidak bertahan lama karena setiap kali banjir, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

“Dan ini menyulitkan warga untuk melakukan aktifitas,” cetusnya.

Menanggapi hal itu, Nezar Djoeli mengatakan bahwa usulan terhadap penanganan perbaikan Jalan Pulau Bangka sudah diberikan kepada Pemko Medan khususnya Dinas Bina Marga melalui Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai NasDem

“Namun apakah usulan perbaikan tersebut sudah diproses atau belum, kota juga belum mendapatkan informasinya,” kata Nezar.

Namun demikian, Nezar meminta kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin untuk segera mengirimkan tim untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapi warga Jalan Pulau Bangka ini.

Sementara terkait dengan banjir rob, lanjut Nezar, pihaknya akan mendesak Dinas Bina Marga untuk segera membuat gorong-gorong sebagai penyelesaian sementara sembari membawa permasalahan ini ke Kementerian PUPR agar segerela Direalisasikan penangan banjir rob yang sudah lama terjadi ini.

“Untuk penanganan banjir rob, gawean ya ada di Pemerintah Pusat. Untuk itu warga diharapkan bersabar sembari berdoa agar upaya yang dilakukan bisa segera terealisasi,” ujarnya. (sbc-04).




Tinggalkan Balasan

error: