Search
Selasa 7 Juli 2020
  • :
  • :

Walikota Tebing Tinggi: Daur Ulang Sampah Beri Kontribusi Perekonomian

Starberita – Tebing Tinggi, Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan secara resmi membuka pameran kreasi daur ulang sampah Tahun 2017 yang digelar di anjungan Sri Mersing jalan Sutomo kota Tebingtinggi, Selasa (12/12/2017).

Turut hadir dalam acara ini Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati, Ketua PN Jarihat Simarmata, Sekdakot Johan Samose Harahap, Danramil 13 Kapten Inf PM Simanjuntak, pimpinan OPD terkait, Camat dan Lurah se Kota Tebingtinggi.

Dalam sambutannya Umar mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh peserta yang mengikuti pameran tersebut. “Harus disadari apa yang dilakukan ini adalah sebuah katauladanan bagi masyarakat lainnya untuk dapat mengikuti langkah-langkah kita agar kiranya tidak menjadikan sampah sebagai beban dari pada Kota maupun masyarakat itu sendiri.”

Dia menjelaskan, pada hakekatnya setiap insan itu di prediksikan memproduksi sampah 0,7 Kg / orang setiap harinya, bila di kalikan 170.000 orang maka kita menyumbang sampah sebanyak 119 ton/hari dan semakin banyak masyarakat kita maka semangkin banyak kontribusi sampahnya.

“Namun banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi sampah, hari ini tentunya apa yang di produk oleh para peserta menjadi bahagian kita, untuk terus meningkatkan dan memasarkannya dengan sebaik-baiknya tidak hanya pameran tinggal pameran,” dia berpesan.

Menurutnya, sampah bisa mengentaskan kemiskinan dan sampah bisa memberikan kontribusi ekonomi, dengan sampah yang di manfaatkan dengan bank sampah yang aktif maka ekonomi masyarakat bisa terbantu dan dengan kelompok-kelompok masyarakat karenanya dia memgharapkan dinas Perkim dan kebersihan terus melakukan pembinaan secara seutuhnya.

“Kepada Kadis Perkim dan kebersihan diharapkan diadakannya kompetisi agar kiranya kelompok-kelompok bank sampah terus bergerak aktif misalnya terhadap mereka yang berhasil memproduk barang dan memperoleh keuntungan margin yang tinggi maka kita akan memberikan penghargaan kepadanya.” Kata Umar.

Peserta stand pameran daur ulang sampah itu sendiri di ikuti Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar yang terdiri dari gabungan SMA Negeri se-kota Tebingtinggi sebanyak 13 sekolah, SMP sebanyak 7 sekolah dan SD Negeri 1 sekolah serta SD swasta 1 sekolah. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: