Search
Jumat 20 Juli 2018
  • :
  • :

Disbudpar Sumut Benarkan Alokasikan Budget FDT Rp2,3 M

Starberita – Doloksanggul, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Elisa Marbun membenarkan, bahwa anggaran Festival Danau Toba (FDT) 2017 mencapai Rp2,3 miliar.

Jumlah anggaran dari Pemprovsu berbeda dengan anggaran yang dialokasikan Pemkab Humbahas selaku tuan rumah. Yakni, sekitar Rp490 juta.

“Alokasi anggaran itu untuk hadiah juara setiap perlombaan seperti, seruling, paduan suara, vokal group, pemilihan ucok-butet dan perlombaan lainnya. Sebagai contoh, hadiah juara I paduan suara Rp 20 juta, juara I vokal group Rp12 juta. Jumlah nominal hadiah menurun mulai dari juara II sampai juara harapan III,” kata Elisa.

Dia melanjutkan, selain hadiah juara setiap perlombaan, alokasi dari Rp2,3 miliar tadi juga dilakukan untuk pembiayaan pembelian kaos, hosdiner, pentas seni budaya yang diselingi hiburan dari beberapa artis-artis batak seperti Novita Dewi Marpaung, Style Voice, Rani Simbolon dan artis lokal dari Medan.

“Itulah semua rangkaian acara secara rampung yang pembiyaanya kita tampung pada anggaran kita. Baik lomba, kaos, pentas, makanan, semua kita siapkan disitu dan masukkan dalam anggaran Rp 2,3 miliar,” tukas Elisa.

Menurut Elisa, dalam pelaksanaan FDT 2017 tidak ada pembiayaan yang tumpang tindih meski ditampung dalam pos anggaran yang berbeda yakni dari Kementrian, Pemprovsu dan Pemkab Humbahas.

“Alokasi dana dari kementrian, dilakukan untuk pembiayaan semua promosi baik luar maupun dalam negeri. Itulah sebabnya ada istilah wonderful dan pesona indonesia. Pembiayaan dari kementrian termasuk kegiatan lari lintas alam, dragon boat juga bantuan kaos menyemarakkan FDT,” paparnya.

Sementara, sumbangan pihak ketiga adalah cendramata dari pihak maskapai Garuda. Pada hari pertama sudah dibagi-bagi kepada masyarkat. Sebelumnya, tahun lalu di Muara, mereka memberikan lucky draw tiket pesawat Silangit-Kualanamu, Silangit-Jakarta. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: