Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Wabup Tobasa Minta Pembelian Benih Ikan Harus dari Pembibitan Lokal

Starberita – Balige, Wakil Bupati Toba Samosir, Hulman Sitorus, Kamis (7/12/2017), meminta agar pembelian benih ikan untuk usaha pertanian setempat hendaknya dibeli dari pembibitan lokal. Dia menyampaikan pesan tersebut kala melakukan penaburan benih ikan mujahir di Danau Toba. Tepatnya di Pantai Pasir Putih Parparean II, Kecamatan Porsea.

“Ini benih ikan dari mana,” tanya Wabup. “Dari Simalungun,” jawab staf Pertanian singkat.

“Mengapa benih ikan harus kita datangkan dari luar kabupaten. Apa kita belum mampu memproduksinya ?. Sudah berulang ulang saya katakan lakukan terobosan baru. Jangan lagi begini terus. Kalau begini susah kita,” kata Hulman.

Jumlah benih yang ditabur sebanyak 40 ribu ekor, ukuran 5 cm. Karena masih kecil dan ragu ikan mati terhempas ombak, maka sistim penaburan dilakukan dengan bantuan 9 orang nelayan untuk menabur ikan 100 meter dari tepi pantai dengan memakai perahu tradisional.

“Jadi ke depan jangan lagi kita membeli benih dari luar Tobasa. Kita kedepan harus mampu menghasilkan benih untuk kita bagi bagi kepada masyarakat agar ekonominya maju dan meningkat,” tegasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan, Sahat Manullang, didamping Kepala Bidang Perikanan, Jerry Silaen, menjelaskan, ini penaburan simbolik, karena keseluruhan jumlah benih ikan yang ditabur 360 ribu ekor.

“Di Laguboti 120 ribu dengan rincian di Pardinggaran 40 ribu, Sitoluama 40 ribu dan Lumban Binanga 40 ribu. Di Kecamatan Uluan jumlahnya 120 ribu juga, rinciannya di Desa Partoruan Janji Matogu, 60 ribu dan di Sibuntuon 60 ribu. Terakhir di Porsea 120 ribu. Rinciannya di Parparean I, 40 ribu, di Patane IV, 40 ribu dan di Parparean II, 40 ribu,” terangnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan