Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Konsumsi Ghee Saat Perut Kosong di Pagi Hari, Ini 8 Manfaatnya

Starberita – Jakarta, Apa hal pertama yang Anda lakukan di pagi hari, usai bangun tidur dan mandi? Jawabannya hampir semua sama, meminum secangkir kopi agar rasa kantuk benar-benar hilang. Atau mungkin ada yang langsung sarapan dan juga olahraga.

Ada beberapa orang yang sadar akan kesehatan dan kebugaran, dengan meminum air panas dengan madu. Atau minuman kesehatan alami lainnya, termasuk susu di pagi hari. Kebiasaan di pagi hari setiap orang bisa berbeda.

Tapi pernahkah Anda berpikir, untuk mengkonsumsi ghee atau minyak samin pada waktu perut kosong di pagi hari? Faktanya menurut banyak penelitian, mengkonsumsi ghee pada waktu perut kosong memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Banyak dari kita, terutama di India, sangat akrab dengan ghee. Ghee digunakan dalam persiapan sejumlah hidangan manis dan hidangan gurih, untuk menambah rasa. Tapi jika Anda ingin memulai kebiasaan ini, jangan makan ghee berlebihan.

Sesendok ghee hanya harus dikonsumsi setiap pagi, bersama dengan segelas air panas. Seseorang harus menunggu setidaknya 30 menit sebelum mengkonsumsi lainnya. Jadi, apa manfaat mengonsumsi ghee pada perut kosong di pagi hari?

1: Meningkatkan Fungsi Sel

Menurut Ayurveda, ghee bertindak sebagai ‘rasa’. Rasa adalah nutrisi penting yang bisa memberi makan semua sel tubuh saat dikonsumsi pada saat perut kosong. Jadi, ghee bisa meningkatkan peremajaan sel dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

2: Meningkatkan Cahaya Alami Kulit

Ghee memiliki kapasitas untuk menjaga semua sel Anda dipelihara dan diremajakan. Itu dapat meningkatkan cahaya alami kulit Anda, dan juga memperbaiki kesehatan kulit. Ghee bisa menjaga kulit dengan melembabkan secara alami dan mencegah kulit kering.

3: Mencegah Nyeri & Arthritis

Ghee adalah pelumas alami, sehingga bisa menjaga semua sendi dan jaringan tubuh Anda dilumasi dengan baik, dan mencegah kondisi seperti nyeri sendi dan artritis. Ghee juga mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mencegah osteoporosis dengan meningkatkan kesehatan tulang.

4: Menjaga Sel Otak Lebih Aktif

Ghee, terutama bila dikonsumsi pada waktu perut kosong di pagi hari dapat membuat sel otak Anda lebih aktif dan merangsang ujung saraf di otak, sehingga meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif, dan lain-lain. Hal ini juga dapat mencegah penyakit seperti demensia dan Alzheimer.

5: Membantu Menurunkan Berat Badan

Berlawanan dengan mitos populer yang mengatakan bahwa ghee membuat kenaikan berat badan. Mengkonsumsi sekitar 5-10 mililiter ghee setiap pagi dengan perut kosong, sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan, karena hal itu dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda.

6: Mencegah Rambut Rontok

Mengkonsumsi ghee pada waktu perut kosong, hal pertama di pagi hari, bisa memperbaiki kesehatan rambut Anda, karena menyehatkan folikel rambut. Rambut bisa menjadi lebih lembut, bercahaya dan bahkan bebas rontok.

7: Bermanfaat bagi Individu Intoleran Laktosa

Orang dengan intoleransi laktosa, yang biasanya mengalami gejala pencernaan yang tidak diinginkan setelah mengkonsumsi susu dan produk susu, dapat mengkonsumsi ghee tanpa rasa takut. Karena ghee mengandung sedikit laktosa, dan tidak akan mempengaruhi orang dengan intoleransi laktosa, saat dikonsumsi pada waktu perut kosong.

8: Anti Kanker

Ghee diketahui mengandung sifat anti kanker yang dapat mencegah sel kanker tumbuh di tubuh, dan menangkal penyakit mematikan ini. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan