Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Jelang Natal & Tahun Baru, Pemkab Karo Gelar ‘Ramp Check’

Starberita- Kabanjahe, Menjelang hari Natal dan libur tahun baru, Pemerintah Kabupaten Karo, Kamis (7/12/2017), gelar pengawasan teknik layak jalan terhadap angkutan umum melalui inspeksi keselamatan lalulintas angkutan jalan atau “ramp check” di Terminal Tiga Baru, Jalan Veteran Kabanjahe.

Bupati Terkelin Brahmanamelalui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba menegaskan, pengontrolan secara teknis terdiri dari beberapa sistem persyaratan begitu juga dengan kalaikan kendaraan sebagai kondisi minimal suatu kendaraan dilakukan pengecekan terhadap banyak hal misalnya pada ban, rem, kaca dan lampu atau penerangan kendaraan.

“Ramp Check difokuskan pada tiga unsur penting, yakni administrasi, teknis dan penunjang. Dan unsur administrasi meliputi SIM, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), dan kartu pegawai,” tuturnya.

Dia menambahkan, unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan. Untuk unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (speedometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson, jelas Gelora Fajar mantan Camat Kabanjahe itu.

“Semuanya itu, harus dalam keadaan baik sesuai dengan standar keamanan kendaraan. Dengan demikian, jika kendaraannya sudah memenuhi syarat tentu akan membuat nyaman para pemudik atau penumpang dan hal ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas,” ujar Gelora.

Dia menjelaskan, kegiatan ini untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna transportasi yang ada di Kabupaten Karo.

“Kegiatan ramp check ini bisa menekan angka kecelakaan dan memberikan rasa nyaman kepada pengguna armada bus. Ramp check bukan garansi tidak terjadinya kecelakaan lalin, tapi setidaknya dari sisi kelaikan bus oke. Kecelakaan bisa terhindari,” ujarnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan