Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Hidung Tersumbat, Atasi dengan 5 Cara Sederhana Ini

Starberita – Jakarta, Nikmat sehat itu wajib disyukuri, karena kita bisa melakukan apa saja ketika sehat.  Sebaliknya, ketika kesehatan bermasalah, meski sekecil apapun pasti akan membuat kita terganggu, seperti contohnya : hidung tersumbat. Meski nampak sepele, namun hidung tersumbat bisa mengganggu aktivitas Anda.

Bagaimana tidak, buat bernafas saja susah, apalagi buat beraktivitas lainnya. Bahkan ketika hidung tersumbat, tidur saja kita tidak bisa nyenyak, mesti mencari-cari posisi yang tepat agar bisa bernafas. Nah, jika Anda seringkali tersiksa gara-gara hidung tersumbat, segera atasi dengan cara alami dan aman yang akan kita bagikan dalam artikel ini.

Penyebab Hidung tersumbat

Hidung tersumbat bisa terjadi karena penyakit ringan, seperti : flu, infeksi sinus, dan lainnya,  Jika masalahnya adalah penyakit tersebut, maka masalah hidung tersumbat ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika kondisinya tak kunjung sembuh atau berlangsung lama, biasanya disebabkan karena beberapa masalah serius, seperti : alergi, polip hidung, terpapar zat kimia, iritasi hidung, sinusitis, benda asing dan lainnya.

Cara sederhana mengatasi masalah hidung tersumbat

Jika selama ini Anda sering merasa tersisa akibat hidung tersumbat, maka saatnya Anda memahami cara alami untuk meredakan hidung tersumbat, yang diantaranya adalah :

Mencuci lubang hidung dengan air garam

Jika hidung tersumbat terjadi akibat bengkaknya pembuluh darah karena cairan berlebih, maka Anda bisa meredakannya dengan cara mencuci area hidung menggunakan air garam hangat. Cara ini membantu menghilangkan virus dan bakteri yang mencemari hidung serta melegakan hidung tersumbat.

Hindari kebiasaan membuang ingus terlalu kuat

Karena susah bernafas, lantas Anda membuang ingus kuat-kuat dengan harapan hidung bisa plong. Padahal kenyataannya, kebiasaan ini justru sebabkan lapisan hidung mengalami peradangan dan sumbatan akan semakin parah. Jika ingin membuang ingus, lakukan dengan perlahan dari satu lubang hidung secara bergantian.

Uap air panas

Menghirup uap air panas dapat membantu redakan hidung tersumbat, karena kelembapan uap dari air panas dapat ringankan peradangand alam waktu singkat sehingga Anda bisa bernafas lega.

Manfaatkan inhaler dan minyak angin

Kandungan menthol dan kamper dalam kedua bahan ini ampuh membantu melegakan hidung tersumbat. Caranya cukup hirup atau oleskan tipis-tipis di sekitar hidung.

Konsumsi makanan pedas

Cara ini mungkin unik, tapi memang benar karena makanan pedas membuat tubuh berkeringat dan ingus keluar  karena lendir di hidung jadi encer sehingga nafas akan terasa lega.

Hem, ternyata dengan beberapa cara alami nan sederhana diatas, masalah hidung tersumbat bisa teratasi dengan baik. Semoga informasi yang berjudul Tersiksa Hidung Tersumbat, Atasi Dengan 5 Cara Sederhana Ini diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan